Tapos – Mengawali tahun 2022 langit Tapos di wilayah Kebayunan terlihat diliputi asap fogging pada Ahad (2 /1/2022) dikarenakan sejumlah operator fogging mengasapi rumah-rumah di pemukiman RT.01, RT.02, dan RT.03 RW.020 Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok. Pengasapan atau fogging dilakukan uuntuk membasmi nyamuk demam berdarah.

Bukan hanya pemukiman, masjid dan mushola tak luput dari pengasapan atau fogging DBD. Menurut keterangan dari Ketua RT.01 RW.020 Roni mengatakan, pengurus RT dan warga sepakat melaksanakan kegiatan fogging lantaran sudah ada warganya yang terkena gigitan nyamuk Aedes Agepty yang menyebabkan penyakit demam berdarah atau DBD.

“Warga kami sudah ada yang dirawat di rumah sakit karena penyakit DBD. Salah satu tindakan kami agar tidak menyebar ke yang lainnya kami melakukan fogging sambil kita himbau ke warga agar menjaga kebersihan lingkungan rumah,” ujar Roni.
“Terutama membersihkan genangan air yang menjadi tempat hidupnya nyamuk demam berdarah,” kata Roni lagi.

Lanjut Roni, pada pelaksanaan fogging pihaknya menyediakan obat, solar, dan bahan bakar sendiri.

“Sedangkan untuk mesin dan operatornya, saya meminta bantuan kepada PKS,” ungkap Roni.

Kegiatan fogging dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB. Berawal dari RT.01 kemudian berlanjut ke RT.02, dan RT.03 RW.020 .

Dihubungi secara terpisah, relawan kepanduan DPC PKS Kecamatan Tapos Adnan mengatakan, pihaknya menerjunkan tiga orang personel untuk Kegiatan fogging di Kebayunan Tapos.

“Mulanya yang akan kita fogging RT.01 saja, ternyata RT.02 dan RT.03 juga minta wilayahnya difogging juga,” kata Adnan.

Adnan berharap dengan adanya fogging bisa mencegah penyebaran penyakit demam berdarah.

“Sama seperti himbauan dari Pak RT Roni, kami juga berharap warga memperhatikan kebersihan lingkungannya. Itu yang terpenting, ” tandas Adnan.

Sementara itu Ketua RT.02 Sutanto dan Ketua RT.03 Asep, juga terlihat turut mengiringi dan mengarahkan relawan kepanduan PKS mengasapi rumah-rumah, kebun, dan tempat ibadah di wilayahnya. Ketua RT.02 Sutanto memberikan informasi, di RT.02 nihil korban, sedangkan di RT.03 ada 3 warganya yang terkena DBD.

Usai kegiatan Sutanto mewakili warganya menyampaikan rasa terimakasih kepada PKS.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Relawan PKS, yang sudah giat fogging DBD di wilayah Kampung Kebayunan RW. 20 untuk pencegahan demam berdarah. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada relawan PKS, semoga sejahtera.” kata Sutanto. (shl)