Bangkitkan Ekonomi, DKUM Depok Tingkatkan Akses Pemasaran dan Permodalan bagi Pelaku Usaha

DepokNews – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok pada penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2024 lebih menitikberatkan pada upaya peningkatan pelayanan dasar masyarakat. Upaya yang dilakukan melalui peningkatan akses pemasaran dan permodalan bagi wirausaha baru (WUB) dan perempuan pengusaha, bersama koperasi sehat yang berdaya saing.

“Peningkatan pelayanan dasar yang dimaksud nanti, merupakan salah satu langkah membangkitkan kembali perekonomian di Kota Depok,” kata Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat pada Forum Renja DKUM 2024 di Balatkop, Jumat (17/02/23).

Dede memaparkan, penyusunan RKPD 2024 mengacu pada visi Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera. Serta fokus pada salah satu janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, yaitu menciptakan 5.000 WUB dan 1.000 Pengusaha Perempuan.

“Target 2023 menciptakan 1.750 WUB dan 350 perempuan pengusaha, sedangkan 2024 ada 1.500 WUB dan 300 perempuan pengusaha,” paparnya.

Dikatakannya, arah kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini adalah mendorong tumbuhnya WUB, perempuan pengusaha, serta pemulihan ekonomi dengan mendorong terwujudnya koperasi berkualitas. Salah satunya, digitalisasi koperasi, untuk menjawab tantangan transformasi digital.

“Dalam hal ini DKUM, termasuk pelaku koperasi dan usaha mikro, akademisi, media dan dunia usaha diharapkan dapat bersinergi, berkolaborasi menyelenggarakan pembangunan daerah,” tandasnya. 

Sumber : depok.go.id