BAZNAS Kota Depok menjadi bahan perbincangan di ajang bergengsi Penganugerahan BAZNAS Jawa Barat tahun 2021 di Bandung, hari ini, Kamis, 16 Desember 2021.  Hal ini karena BAZNAS Kota Depok membersamai Pemerintah Kota Depok, meraih 4 (empat) kategori sekaligus, yaitu : 

  • BAZNAS Kota/kabupaten Kordinasi dengan Pemda terbaik (5 terbaik)
  • Operasional kelembagaan terbaik (3 terbaik)
  • Pengelolaan website dan media sosial terbaik (3 terbaik)
  • Walikota Depok sebagai Kepala Daerah Terbaik Pendukung Pengelolaan Zakat

Anugerah diserahkan langsung oleh Pimpinan BAZNAS RI dan Pimpinan BAZNAS Provinsi Jawa Barat kepada Pimpinan BAZNAS Kota Depok dan Walikota Depok. 

Rizaluddin Kurniawan, S.Ag, M.Si, Pimpinan BAZNAS Republik Indonesia menyampaikan,  “Selamat kepada BAZNAS Kota Depok yang memborong beberapa Anugerah dari Provinsi Jawa Barat.  Sebagai pengelola terbaik, harmonisasi Kerjasama dengan pemda terbaik, pengelolaan websit dan medsos terbaik serta satu lagi Walikota yang mendukung pengelolaan BAZNAS terbaik.  Tentu ini adalah sebuah kebahagiaan yang bisa jadi contoh untuk seluruh pengelola BAZNAS Kabupaten Kota di seluruh Indonesia.  Dan tentu juga ini adalah prestasi untuk Pimpinan BAZNAS dan seluruh amilin amilat di BAZNAS Kota Depok.  Harapan ke depan prestasi ini dapat dipertahankan bahkan terus ditingkatkan.  Tujuan Utama BAZNAS tentu adalah bagaimana BAZNAS tetap bisa menjadi Lembaga Utama yang bisa menyejahterakan umat”.

Walikota Depok, Dr. KH. Mohammad Idris menyampaikan, “Zakat merupakan bagian dari kewajiban dalam Agama Islam, sehingga sudah selayaknya Kepala Daerah memberikan dukungan terhadap BAZNAS. Potensi zakat di Kota Depok sesungguhnya dapat melebihi target yang direncanakan, namun saat ini dalam proses optimalisasi untuk dapat meningkatkan penghimpunan.  Terutama warga Depok yang bekerja di Jakarta, pada umumnya menunaikan zakatnya di Jakarta, tidak melalui BAZNAS Kota Depok”.

Dukungan Pemerintah Kota Depok terhadap pengelolaan zakat oleh BAZNAS Kota Depok, merupakan salah satu kunci sukses capaian BAZNAS Kota Depok sebagai Lembaga Pemerintah Non Struktural (LPNS), demikian ujar Dr. Rida Hesti Ratnasari, S.P, M.Si, Wakil Ketua IV BAZNAS Kota Depok.

Rida menambahkan, “Sinergi dan kolaborasi pentahelix yang terjalin di Kota Depok memberikan atmosfir kemajuan dan peningkatan capaian BAZNAS Kota Depok dalam optimalisasi operasional kelembagaan, pengelolaan website dan media sosial serta indeks koordinasi dengan Pemerintah Daerah.  Seluruh capaian ini terus akan ditingkatkan untuk meluaskan manfaat zakat, menjadikan BAZNAS Kota Depok sebagai lembaga utama yang menyejahterakan masyarakat”.

Anugerah ini bukan pertama kalinya diterima oleh BAZNAS Kota Depok.  Tahun 2019, BAZNAS Kota Depok juga menerima anugerah operasional kelembagaan terbaik. “Hal ini sejalan dengan Renstra BAZNAS Kota Depok yang mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun mutu, sehingga mencapai keunggulan terukur pada aspek manajemen mutu, indeks koordinasi, indeks kesiapan digital serta berbagai indikator keunggulan pengelolaan lainnya”. Demikian pungkas Rida, Wakil Ketua IV yang sekaligus menjadi Management Representative ISO 9001 : 2015 BAZNAS Kota Depok.