Berbagi Ilmu Ramadhan, Bunda Elly Ingatkan Bahaya Gibah

DepokNews – ´Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida kembali memberikan nasihatnya dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan.

Hal itu disampaikannya pada program Sapa Bunda atau Setiap Pagi Berbagi Ilmu di Bulan Ramadan episode 8 yang membahas tentang gibah.

Katanya, berpuasa juga bertujuan untuk menahan lisan dari perbuatan tercela. Sebab puasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum, tapi juga dari berbagai bentuk perilaku yang tidak disukai oleh Allah SWT, termasuk gibah atau mencela orang lain.

“Ada beberapa poin penting yang bisa jadi pengingat untuk kita, agar puasa Ramadan kita bisa menahan diri dari gibah. Misalnya kesadaran akan bahaya gibah adalah perbuatan yang sangat tercela. Yuk sibuk beribadah dan berbuat amal yang baik, agar kita dapat menjaga diri dari perilaku yang tidak kita inginkan, termasuk gibah,” katanya, seperti dilihat di chanel Youtube Elly Farida Idris, Selasa (19/03/24).

Lebih lanjut, dirinya mengingatkan jika gibah adalah dosa besar yang dapat merusak hubungan kita bersama Allah SWT.

“Marilah kita memahami konsekuensi dan berusaha keras untuk menjauhinya. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Qalam ayat 10-12, sesungguhnya orang-orang yang suka mengumpat dan menyebarkan kejelekan di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Bunda Elly sapaannya juga berpesan, agar semua dapat menjaga diri dari gibah selama berpuasa.

” Agar kita tidak hanya memperoleh pahala dari Allah SWT, tapi juga meningkatkan kualitas ibadah kita di hadapan Allah SWT. Semoga Allah SWT memberi kekuatan pada kita, serta petunjuk untuk dapat melaksanakan puasa dengan sempurna,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id