Tapos- Kelurahan Sukamaju Baru melaksanakan kegiatan Launching D’Sunting Menara tepat pada hari jadi Gerakan PKK ke-50 pada Jumat, 4 maret 2022 di Aula Kantor Kelurahan Sukamaju Baru Kecamatan Tapos Kota Depok.

Untuk diketahui, D’Sunting Menara adalah kepanjangan dari Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Depok Ramah Anak.

Pembukaan acara dihadiri Lurah Sukamaju Baru Pairin, Perwakilan Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari, Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru Hayanah beserta pengurus, Kepala Puskesmas Sukamaju Baru dr Zulfa dan Ahli Gizi Puskesmas Wina, Kasie Kemas Kelurahan Sukamaju Baru Dini Damayanti, Ketua LPM Sukamaju Baru Sumarma, Pokja Kelurahan Sehat Agus Riyadi, dan Kader Kelompok PKK RW se-Kelurahan Sukamaju Baru.

Acara dimulai pukul 9.00 dengan diawali pembacaan ayat suci Al Quran Surat Ash-Shof ayat 1 – 3. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, kemudian pembacaan doa oleh tokoh masyarakat.

Kemudian acara berlanjut dengan adanya sambutan Lurah Sukamaju Baru Pairin, sambutan Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru, Kapus Kelurahan dan Penjelasan singkat oleh Perwakilan Kecamatan Tapos terkait inovasi Gercep Canting Surga dan Kawan Kasih.

Setelah itu penyerahan secara simbolis menu makanan sehat untuk balita stunting dan sembako untuk keluarga rawan kepada perwakilan dari RW 8 dan RW 7 oleh Ketua TP PKK Kelurahan didampingi Lurah Sukamaju Baru, Perwakilan Kecamatan Tapos, dan Kepala Puskesmas Sukamaju Baru.

Dilanjutkan pelepasan regu Ocan Bananas sejumlah 15 personil oleh Lurah Sukamaju Baru, Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru, Perwakilan Kecamatan Tapos, Kapus Sukamaju Baru, dan Ketua LPM.

Lurah, Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru, Perwakilan Kecamatan Tapos, Kapus Sukamaju Baru, dan Ketua LPM juga terjun langsung pada pemberian menu makanan balita stunting di RW 7.

Perwakilan Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari menyampaikan terkait inovasi Gercep Canting Surga dan Kawan Kasih, agar kader bisa menyampaikan dan mengedukasi orangtua yang balitanya stunting.

“Pentingnya pengasuhan pada masa ini di mana orangtua harus mempunyai kesadaran, kepekaan, komunikasi, interaksi, membangun kelekatan emosi dengan anak dan memberikan kehangatan, kasih sayang yang dibutuhkan oleh anak. Serta menggerakan warga untuk bergotong royong pada pemberian pangan sehat untuk balita stunting,” urai Asri Peni Lestari.

Selanjutnya saat memberikan sambutan, Lurah Pairin berharap semua pihak berusaha mewujudkan nol kasus untuk wilayah Sukamaju Baru.

“Untuk memerangi bayi stunting yang jumlahnya masih tinggi di Kelurahan Sukamaju Baru berharap kepada para ketua RW , Kader Posyandu, Pokja Sehat LPM dan semua stakeholder yang ada harus bersama-sama mewujudkan nol kasus stunting,” kata Pairin.

Sedangkan Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru Hayanah, saat sesi sambutan menjelaskan apa itu Dsunting Menara, tujuan dan inovasinya.

“Apa sih D.Sunting Menara? D’Sunting Menara singkatan dari Depok sukses bebas stunting dengan tujuan mewujudkan Kota Depok ramah anak,” jelas Hayanah.

Hayanah menambahkan, adapun inovasinya yaitu Mpok Sukma Bawa Canting yakni Memberikan makanan yang bergizi B2Sa.

“Untuk kegiatan Ocan Bananas se-Kelurahan ada 15 RW yang ikut serta. Berikutnya inovasi Gercep Canting Surga yakni memberikan edukasi kepada keluarga dari balita stunting,” ungkap Hayanah.

Terakhir yang disampaikan Hayanah adalah inovasi dari Kawan Kasih.

“Yakni memberikan bingkisan sembako kepada keluarga rawan.” pungkas Hayanah menutup sambutannya (shl)