DepokNews- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, gelar kegiatan Penyuluhan KB Kesehatan dan Bahaya Narkoba di Kampung KB Kelurahan Meruyung, bertempat di Gedung Serbaguna TK Al Amanah, Sabtu, 27 November 2021.

Kegiatan yang mengusung slogan ‘Warga Meruyung, Sehat Selalu, Tolak Narkoba’ ini, diikuti 50 orang warga Kelurahan Meruyung yang berasal dari Kader PKK, Karang Taruna, PIK-R, Ketua RT dan Ketua RW.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Meruyung, Ketua TP PKK, Kasi Kemas, Babinsa dan Ketua LPM Kelurahan Meruyung

Lurah Meruyung, Lukman Zaelani mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan agar warga paham akan bahaya penyalahgunaan narkoba serta mau untuk bergerak bersama memerangi kejahatan narkoba.

Dirinya berharap, warga dapat cepat tanggap dalam bahaya narkoba, dan mau bekerjasama memberantas narkoba dilingkungan.

“Harapannya tentu agar Kelurahan Meruyung dapat bersih dari kasus-kasus narkoba, tidak ditemukan kasus narkoba di Meruyung. Serta tidak ada lagi tempat-tempat yang berpotensi digunakan untuk transaksi jual beli narkoba” kata Lukman.

Hadir sebagai Narasumber, Purwoko Nugroho, M.Si. selaku Sub Koordinator Seksi P2M BNN Kota Depok. Dalam pemaparannya, Purwoko menyampaikan bahwa peran keluarga sangat penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Keluarga merupakan benteng pertama dalam mencegah terjadinya kasus narkoba, terutama pada kalangan remaja. Beberapa kasus narkoba yang melibatkan remaja, sebagian besar diantaranya berasal dari keluarga yang bermasalah,” paparnya.

Untuk itu, sangat penting bagi kita menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman bagi anak-anak kita, sehingga mereka bisa dengan bebas mencurahkan permasalahan yang sedang mereka hadapi kepada kita selaku orangtua.

Purwoko menambahkan, peran dari lingkungan juga menjadi peran yang sangat berarti. Stop untuk cuek, mari melihat sekitar, apakah memang ada indikasi terjadinya penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba? Jika ada, laporkan kepada ketua RT, untuk selanjutnya bersama-sama perangkat RT, RW, Lurah, Bimas, Babinsa dan BNN dapat menindaklanjuti indikasi tersebut.

“Tentunya jika seluruh warga Kelurahan Meruyung sudah berkomitmen bersama dalam mewujudkan Kelurahan Bersih Narkoba, tidak akan ada lagi celah bagi para bandar maupun pengedar narkoba untuk mengedarkan narkoba di Kelurahan Meruyung” tutup Purwoko.(mia)