“Branding is endowing products and services with the power of a brand” (Kotler & Keller, 2015).

Branding adalah proses pemberian makna secara spesifik, dengan cara menciptakan dan membentuk “brand” di benak pikiran / persepsi target audience / market.

Branding sebagai sebuah desain strategi untuk memudahkan publik dengan cepat menjadi bagian dari kampanye membangun persepsi di alam bawah sadar (sub-conscious mind).

Bidang Tani & Nelayan (BTN) PKS Depok menyadari pentingnya komunikasi dan persuasi yang efektif di ruang publik, dengan mensasar basis kaum milenial perkotaan, mempertimbangkan hasil Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, yang mencatat sebanyak 1,46 juta jiwa (70,81%) penduduk Kota Depok merupakan usia produktif.

Kaum milenial perkotaan dengan segala talenta dan keunikan karakteristiknya, memiliki kecenderungan untuk mengekspos jati dirinya di semesta digital, menghendaki social profiling yang mudah menjadi trending topic dan kreativitas untuk show off tentang nilai unik (unique value) yang relevan menjadi simbol kehidupan mereka.

BTN PKS Depok menggulirkan tema strategis urban farming dengan basis pengembangan komunitas (community development) dan pertumbuhan berkelanjutan (sustainable growth) dengan tujuan menggaet minat dan dukungan kaum urban milenial kepada dunia pertanian kota dengan segudang potensi, peluang dan tantangannya. Lebih jauh lagi, mengajak kaum urban milenial untuk lebih bersikap proaktif dalam partisipasi politik kebangsaan, menggunakan hak pilih secara cerdas dan tidak golput.

Rakerda PKS Kota Depok akan segera digelar di penghujung bulan Maret 2022 ini, turut memperkenalkan secara massif logo baru PKS yang lebih fresh, energetic, young & full new power (segar – berenergi – muda dan penuh tenaga baru).

BTN PKS Depok akan mengambil peran strategis untuk mempopulerkan logo baru PKS, sebagai visual identity yang membawa semangat baru perubahan dan peningkatan pelayanan publik di bidang pertanian perkotaan.

Di penghujung bulan Maret 2022 ini pula, bersamaan dengan momentum Rakerda PKS Kota Depok, BTN akan menggelar Kick Off Grand Launching Sekolah Tani PKS, yang menjadi ikon program unggulan sekaligus memperkenalkan konsep demplot (demonstration plot) dengan berbagai variasi tema mulai dari tanaman hidroponik, tanaman obat keluarga (TOGA), grafting (sambung pucuk) tanaman buah unggulan, budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, budidaya unggas, budidaya kelinci, budidaya satwa harapan maggot, budidaya anggur, produksi pupuk organik dan seterusnya.

Dengan target melaksanakan Sekolah Tani sebanyak 33 kali di tahun 2022 ini, BTN PKS Depok optimis dapat meningkatkan elektabilitas PKS di basis pemilih milenial.

Sekolah Tani PKS akan melahirkan para alumni yang akan menjadi Duta Tani Milenial PKS yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok, lebih lanjut akan mendirikan demplot-demplot sebagai wadah dan sarana upgrading bagi para relawan tani PKS dan segenap masyarakat penggiat urban farming.