DepokNews – Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2022 diadakan Kantor Kecamatan Tapos secara virtual dan tatap muka di Kinasih Resort Cilangkap Tapos, pada hari Senin (07/02/2022).

Musrenbang tingkat Kecamatan Tapos dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Supian Suri dan juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Depok, perwakilan Perangkat Daerah, dan Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Tapos secara virtual.

Peserta Musrenbang yang hadir secara tatap muka terbatas antara lain Anggota DPRD Kota Depok Dapil Cilodong Tapos, Para Lurah Se-Kecamatan Tapos, LPM, TP PKK Kecamatan Tapos, Tokoh Masyarakat, Genre PIK’R dan Forum Anak serta aparat keamanan TNI/Polri.

Musrenbang dimulai pada pukul 09.00 WIB, panitia terlebih dahulu melakukan tes antigen terhadap peserta offline dan menjalankan prosedur kesehatan pandemi Covid-19 secara ketat.

Pada kesempatan materi pertama, Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana menyampaikan, diadakannya Musrenbang Kecamatan adalah dalam rangka penyusunan perencanaan tahun 2023.

Sedangkan materi kedua yaitu pencapaian kinerja pembangunan dan permasalahan ketahanan keluarga Kota Depok tahun 2021 oleh Kabid DP3P2KB Betty Setiorini.

Saat sesi sambutan, Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS Ade Firmansyah memberikan beberapa catatan penting. Ade menyebut sinergitas dan kolaboratif peran semua pihak untuk mewujudkan Kota Depok yang sejahtera.

Selanjutnya Camat Tapos Abdul Mutolib dalam sambutannya menjelaskan prinsip musrenbang adalah musyawarah untuk mufakat dengan pendekatan bottom up atau dari atas ke bawah. Berdasarkan buku sosialisasi pembangunan ada 330 kegiatan infrastruktur yang menjadi tanggung jawab kecamatan.

“Kemudian pada tahun 2021 target PBB Kecamatan Tapos adalah 34 Milyar. Atas kesadaran masyarakat yang tinggi Kecamatan Tapos tercapai 44 Milyar sehingga masyarakat Tapos bisa disebut sebagai pahlawan pembangunan,” ungkap Abdul Mutolib.

Kepada redaksi, usai acara Abdul Mutolib sebagai penyelenggara Musrenbang mengatakan, kegiatan Musrenbang dilakukan secara online dan offline dan didukung oleh semua pemangku kepentingan yang ada di Kecamatan Tapos.

“Hari ini di Kecamatan Tapos telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan Tapos Tahun 2022 untuk kegiatan pembangunan di tahun 2023. Dilaksanakan secara offline dan secara online. Alhamdulillah berjalan dengan lancar tentu keberhasilan dan kesuksesan dari kegiatan Musrenbang kecamatan Tapos adalah dukungan semua pihak dukungan semua pemangku kepentingan yang ada di kecamatan Tapos,” ujar Abdul Mutolib.

Ia berharap, mudah-mudahan setelah disepakati semua usulan-usulan dari pemangku kepentingan Kecamatan Tapos bisa terealisasi di tahun 2023.

“Tentu masih melalui proses, kami akan mengawal kesepakatan yang sudah ditandatangani oleh perwakilan pemangku kepentingan yang ada di kecamatan,” pungkas Abdul Mutolib. (apl)