Cegah Penumpukan Sampah, DPUPR Depok Turunkan Satgas di Kali Cabang Timur

DepokNews – Sebanyak satu regu Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok yang terdiri dari 10 personel diterjunkan untuk melakukan pengangkatan sampah di Kali Cabang Timur (KCT), Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas. Pekerjaan ini rutin dilaksanakan agar sampah tidak menumpuk di jaring pembatas.

“Ya, kami turunkan satu regu Satgas untuk melakukan pengangkatan sampah KCT yang berada di areal Balai Kota . Sampah ini terbawa dari hulu menuju hilir dan tersangkut dijaring yang sengaja dipasang,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Jumat (29/07/22).

Dikatakannya, sampah harus segera diangkat agar tidak menimbulkan masalah baru seperti banjir atau luapan air akibat sumbatan sampah. Selain Satgas, pihaknya juga menerjunkan satu unit dump truck untuk mengangkut sampah ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Cipayung.

“Tidak ada target untuk pengangkatan sampah ini. Karena yang sudah-sudah, setelah diangkat, sampah akan ada lagi dan lagi. Terlebih saat musim hujan, dimana sampah mudah sekali terbawa arus,” paparnya.

Citra berharap, masyarakat bisa bahu membahu melakukan normalisasi saluran secara swadaya. Terlebih, saat ini masih musim penghujan dan rentan akan adanya genangan maupun banjir.

“Kami harap, masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air. Kami juga meminta warga untuk menjaga dan merawat lingkungan,” tutupnya.

Sumber: depok.go.id