Curah Hujan Mulai Tinggi, Personel Damkar Depok Siaga Waspada Longsor dan Banjir

Petugas Damkar saat melakukan penyemprotan jalan perumahan pasca banjir. (Foto: Dokumentasi Damkar Depok)

DepokNews – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok siaga penuh untuk mengantisipasi bencana yang diakibatkan tingginya curah hujan. Antisipasi dilakukan jika terjadi banjir dan tanah longsor pada sejumlah titik di Kota Depok.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, personel Damkar di tiap posko baik tingkat kota maupun yang berada di wilayah semua siaga penuh. Serta dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti perahu karet, pelampung, Alat Pelindung Diri (APD), tali, serta helmet.

“Kami kerahkan seluruh personel untuk bersiaga melakukan evakuasi dan membantu warga yang terdampak bencana,” tuturnya, Kamis (09/11/23).

Denny mengungkapkan, saat terjadi hujan lebat pekan lalu, personel Damkar membantu melakukan sejumlah bantuan. Diantaranya, evakuasi pohon tumbang di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, evakuasi banjir di Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, penyemprotan tanah longsor di Kelurahan, Kalimulya Kecamatan Cilodong, serta monitoring bencana banjir dan longsor.

“Kami lakukan monitoring ke lokasi, membantu proses evakuasi dan berkoordinasi dengan warga yang terdampak,” ungkapnya.

Terakhir, Denny menghimbau kepada warga untuk tetap waspada apabila terjadi hujan lebat. Terlebih pada wilayah yang rawan terjadi banjir atau longsor untuk segera melapor ke petugas Damkar Kota Depok.

“Bisa langsung telpon ke Damkar Depok di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id