Tapos – Forum Genre (Generasi Berencana)/PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Kecamatan Tapos menggelar rapat kerja Tahun Kerja 2022 pada Sabtu, 29 Januari 2022 bertempat di Aula Kecamatan Tapos.

Forum Genre/PIK-R Kecamatan Tapos merupakan forum remaja di bawah binaan Bidang Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Tapos dan bermitra dengan PKK Pokja 1 Kecamatan Tapos, PLKB Kecamatan Tapos, serta Forum Anak Kecamatan Tapos.

Ketua Forum Genre Kecamatan Tapos Muhammad Syafiq Rozin mengatakan, kegiatan rapat kerja baru pertama kali ini ia dan pengurus forum laksanakan semenjak kepemimpinannya. Ia menyebutkan #MulaiAjaDulu #PastiAdaJalan sebagai tagline-nya Forum Genre Kecamatan Tapos.

“Dengan kondisi yang baru dibentuk dan proses merintis, Forum Genre Kecamatan Tapos membawa tagline #MulaiAjaDulu #PastiAdaJalan. Sebagai semangat untuk berani melangkah,” sebut Syafiq.

Syafiq menuturkan bahwa saat acara pembukaan rapat kerja Forum Genre Kecamatan Tapos ini dihadiri oleh pihak Pemerintahan Kecamatan Tapos dan forum anak remaja lainnya.

“Pembukaan rapat kerja dihadiri 2 orang dari Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Tapos, 3 orang PLKB Kecamatan Tapos, 1 orang PKK Pokja1 Kecamatan Tapos, 2 perwakilan Forum anak, 9 pengurus Forum Genre dan PIK R Kecamatan Tapos, dan 1 perwakilan Forum Genre Kota Depok,” kata Muhammad Syafiq.

Rapat kerja dimulai dari pukul 09.00 WIB. Diawali dengan sambutan Titin Sumarsih, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan. Kemudian sambutan Asri Peni Lestari selaku Ketua Pokja 1 TP PKK Kecamatan Tapos. Kemudian sambutan dari PLKB Kecamatan Tapos Endang Wahyuni.

Kepala Seksi bidang Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Tapos, Titin Sumarsih meyampaikan apresiasinya kepada Forum Genre dan PIK R Kecamatan Tapos, serta Forum Anak yang terlibat. atas terlaksananya kegiatan Rapat Kerja. Kegiatan ini dianggap sebagai salah satu upaya untuk persiapan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan Tapos yang akan dilaksanakan pada 7 Februari 2022.

“Saya memberi arahan agar terdapat program kerja yang berkolaborasi dengan Posyandu Remaja yang ada di Kecamatan Tapos,” kata Titin.

Adapun Asri Peni Lestari, PKK Pokja 1 Kecamatan Tapos pada kesempatan sambutannya memberikan penguatan kepada peserta mengenai alur kerja Forum Genre dan PIK Remaja. Yakni dimulai dari legalitas forum ditandai dengan adanya surat keterangan, kemudian proses yang ditandai dengan adanya program.

“Harapan saya program dari Rapat Kerja Forum Genre selaras dengan isu Triad KRR (Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja) yakni seksualitas, HIV AIDS, dan Napza,” ujar Asri.

Terakhir, sama seperti Seksi Kemasyarakatan dan PKK Pokja1, Endang Wahyuni, PLKB Kecamatan Tapos menyampaikan apresiasinya pula. Endang memberikan arahan agar program yang direncanakan bisa terfokus kepada 8 Fungsi keluarga.

“Delapan fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan, bisa menjadi fokus rapat kerja dari Forum Genre Kecamatan Tapos,” tutur Endang.

Selanjutnya sesi sambutan ditutup dengan sesi foto bersama sekaligus sesi dokumentasi salam Genre.

Rapat kerja Forum Genre sendiri dimulai setelah acara pembukaan dan dipimpin langsung oleh Ketua Forum Genre Kecamatan Tapos, Muhammad Syafiq Rozin. Diawali dengan penyampaian tata tertib rapat kerja. Kemudian disusul pemaparan Grand Design Umum oleh Syafiq dan Naufal. Kemudian pemaparan program BPH oleh Syafiq, program Sekretaris oleh Clarissa, program Bendahara diwakili oleh Naufal, Program PHDD (Publikasi, Humas, Design, dan Dokumentasi) oleh Naufal, serta Program PSKS (Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya) oleh Mei Fitha. Sebelum rapat kerja ditutup ada sesi teka-teki untuk mencairkan suasana. Rapat kerja ditutup pada pukul 12.00 WIB. (shl)