DepokNews–Kota Depok menjadi salah satu dari enam kota/kabupaten di Indonesia yang lolos untuk mendapatkan verifikasi dari tim verifikator lapangan penilaian mandiri kabupaten atau kota pangan. Kota dan kabupaten lainnya yang tengah diverifikasi antara lain Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Berau, Kota Tangerang dan Kabupaten Bandung.

Ketua Tim Verifikator Lapangan Penilaian Mandiri Kota dan Kabupaten Pangan Aman, Dyah Sulistiarini mengatakan, Kota Depok telah lolos pada tahap pemberkasan beberapa waktu lalu. Untuk itu, hari ini pihaknya bersama tim dari lintas kementerian melakukan verifikasi ke lokasi yang akan dinilai.

“Seperti ikon produsen, retail, pasar tradisional, hingga rumah pemotongan hewan yang disampaikan secara mandiri oleh Kota Depok. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya di beberapa titik yang menjadi lokus penilaian,” jelasnya kepada berita.depok.go.id Kamis (01/12/22).

Dikatakannya, penilaian kota dan kabupaten pangan aman ini baru pertama kali digelar. Untuk Depok verifikasinya akan dilakukan selama dua hari, yaitu hari ini dan besok (02/12).

“Sedangkan untuk akumulasi penilaian akan dilakukan hingga akhir bulan Desember dan hasilnya diumumkan pada acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 22 Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Januari 2023,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, hasil penilaian ini nantinya adalah sebuah deklarasi yang menyatakan bahwa kota atau kabupaten tersebut layak menjadi kota pangan aman. BPOM akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang aktif dan konsisten dalam mewujudkan kota pangan aman.

“Kami mengapresiasi tim kota Depok yang sudah banyak mendapatkan penghargaan dan inovasi pendukung yang telah diraih. Tentu harus bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

“Harapan kami Kota Depok bisa menjadi roll model kota pangan aman untuk kota yang lain, karena sebenarnya kabupaten/kota itu kan juga punya perencanaan anggaran yang relatif sama, tapi tergantung bagaimana mereka itu mengolah dan kemudian meningkatkan kapasitasnya seperti yang dilakukan Kota Depok,” tutupnya. 

sumber: https://berita.depok.go.id/depok-diharapkan-jadi-role-model-kota-pangan-aman

Previous article10 Start Up Lolos Tahap Awal Kompetisi Depok Free Stunting 2022
Next articleKota Depok Raih Juara Ketiga Paritrana Award 2022