Tapos – DPC PKS Kecamatan Tapos Kota Depok melalui Bidang Kesos dan SPKK mengadakan Pelatihan Pembuatan Eco Enzym, Pengolahan Limbah Sayuran dan Kulit buah Menjadi Larutan dengan Berjuta Manfaat pada Ahad (30/1/2022) di kantor Kelurahan Jatijajar Tapos.

Hadir pada pelatihan tersebut Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono yang juga Ketua DPD PKS Kota Depok, Camat Tapos Abdul Mutolib, dan Lurah Jatijajar Mujahidin. SPKK DPC PKS Tapos Firma beserta pengurus, dan Tim Kepanduan DPC PKS Tapos.

Ketua Bidang Kesos, Siswanto memberikan keterangan, kegiatan pelatihan dilaksanakan secara online dan juga offline sebagai antisipasi berkerumun, penjagaan terhadap meningkatnya penyebaran varian Omicron. Panitia menghadirkan Bunda Roihatul Jannah, Koordinator Bank Sampah Kecamatan Tapos sebagai nara sumber pelatihan eco enzym.

“Alhamdulillah acara pelatihan berjalan lancar dengan total peserta sekira 40 orang yang diikuti secara online maupun offline,” sebut Siswanto melalui press rilis-nya.

“Semoga berhasil saat masa panen eco enzym tiga bulan mendatang nanti. Ini merupakan upaya kita untuk berkontribusi terhadap masalah sampah di Kota Depok. Tentu saja berdampak pada kesehatan lingkungannya,” jelas Siswanto.

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono saat memberikan sambutan, menyampaikan permasalahan yang dihadapi Pemkot Depok adalah masalah sampah.

“Sampah adalah salah satu masalah utama kota depok. Dengan kegiatan ini PKS telah ikut serta mengatasi masalah tersebut dengan mengurangi volume jumlah sampah Kota Depok,” ujar Imam Budi Hartono seperti yang dikutip panitia.

Senada dengan perkataan Wakil Walikota Depok, Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos Mamuri Raskaman menyebutkan secara tegas, kegiatan pelatihan eco enzyme dilaksanakan sebagai bukti aksi nyata kader PKS mendukung program Pemerintah Kota Depok dalam menangani permasalahan sampah.

“Bahwa kader DPC PKS Kecamatan Tapos mendukung upaya Pemkot Depok dalam hal penanganan sampah, ikut berkontribusi upaya mengurangi volume sampah yang sangat besar biaya pengolahan, kata Mamuri.

Disebutkan, Camat Tapos Abdul Mutolib yang juga hadir pada kegiatan pelatihan, mengapresiasi upaya kader PKS yang ikut berkontribusi dalam berbagai masalah-masalah kemasyarakatan.

“Saya sudah sampaikan kepada seluruh lurah yang ada di Kecamatan Tapos untuk juga berpartisipasi aktif untuk mendukung program Pemerintah Kota Depok, terutama untuk pembentukan bank-bank sampah dan TPS sampai tingkat RW,” mengutip ujaran Abdul Mutolib.

Disebutkan pula oleh panitia, Lurah Jatijajar Mujahidin sebagai tuan rumah tidak ketinggalan memberikan apresiasi dan dukungan yang besar terhadap kegiatan yang dilaksanakan PKS. (shl)