Tapos – Tim Penggerak PKK Kecamatan Tapos Kota Depok Jawa Barat menggelar Lomba Kader PKK Tingkat KecamatanTapos Tahun 2022 Pada hari Rabu, 26 Januari 2022 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tapos. Lomba mengambil tema: Peran Kader PKK melalui inovasi percepatan penurunan angka stunting.

Menurut panitia, lomba dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan kader PKK di tingkat kelurahan sekaligus sebagai evaluasi kinerja kader PKK dalam pelaksanaan perannya di masyarakat.

Pelaksanaan lomba tersebut dimulai sejak pukul 8.30 WIB dengan mengundang Camat Tapos Abdul Mutolib, Kasie Kemas Kecamatan Tapos Titin Sumarsih, Ketua TP PKK Kecamatan Siti Mariyam dan pengurus, Ketua TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Tapos dan Peserta lomba 1 orang per kelurahan beserta Pendamping (Sekretaris PKK Kelurahan).

Panitia menjelaskan tahapan dan jenis lomba yang harus dijalani peserta.

“Peserta mengikuti tes tertulis yang berjumlah 25 soal diberi waktu 30 menit, kemudian tes wawancara ada tiga pertanyaan yang harus dijawab peserta, dan terakhir adalah presentasi,” ujar salah satu panitia (27/1/2022)

Ketua Pokja1 TP PKK Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari mengatakan panitia membentuk tim juri untuk menilai kelayakan peserta.

“Tim Juri terdiri dari Bu Camat, Bu Kiki, Bu Vivie, Bu Nana, Bu Atun, Bu Hefi, Bu Juju, dan Saya sendiri juga ikut menilai,” sebut Asri sembari menunjukkan daftar tim juri.

Selanjutnya Asri menjelaskan urutan kegiatan acara lomba kader PKK dari mulai pembukaan, disambung dengan pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, pembacaan doa, sambutan Camat Tapos Abdul Mutolib sekaligus membuka acara lomba, sambutan Ketua TP PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam, pelaksanaan lomba, dan terakhir adalah pengumuman pemenang.

“Pemenang lomba juara pertama diraih oleh Sri Lestari dari TP PKK Kelurahan Cimpaeun. Juara Kedua yaitu Retno Ari Pudiastuti dari TP PKK Kelurahan Leuwinanggung. Dan Erni Kustian yang berasal dari TP PKK Kelurahan Jatijajar mendapat juara ketiga,” ungkap Asri.

Pada kegiatan tersebut Camat Tapos Abdul Mutolib berkesempatan menjadi juri yakni pada tahapan tes presentasi.

“Saya diminta ikut menjadi juri sesi presentasi, menilai peserta dengan kriteria, inovasi gagasan yang ditampilkan original atau asli dari peserta itu sendiri, tidak menduplikat dari orang lain. Dan kriteria yang kedua adalah kebermanfaatan untuk penurunan angka stunting,” tutur Abdul Mutolib.

Di akhir acara lomba, Camat Tapos Abdul Mutolib berharap adanya peningkatan kemampuan kader PKK untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Saya ingin agenda kegiatan yang digagas TP PKK Kecamatan Tapos ini yang berhubungan dengan Seksi Kemas Kecamatan, ada peningkatan. Lomba ini bukan cuma untuk meraih juara tapi lebih kepada adanya peningkatan kemampuan kader PKK dalam melayani kebutuhan masyarakat dan berinovasi terkait penurunan angka stunting.” tutup Abdul Mutolib. (shl)