Depoknews, Sukatani – SDN Sukatani 5 mengadakan kegiatan Pawai Ramadhan menyambut kedatangan bulan suci umat Islam, bulan Ramadhan 1443 Hijriah pada Rabu (30/3/2022) dengan tema meningkatkan semangat ibadah Ramadhan dengan berbagi kasih sayang.

SDN Sukatani 5 yang terletak di Gang Masjid Nurul Huda Jalan Pekapuran berada di lingkungan RT 05 RW 022 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Kepala Sekolah SDN Sukatani 5 Screen Listina, S.Pd.SD mengatakan, sehari sebelumnya siswa-siswi mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan untuk pawai seperti membuat pamflet dengan beragam kata menyambut Ramadhan. Mulai dari kata Marhaban Ramadhan, Bulan penuh berkah, bulan berbagi, dan bulan permohonan untuk diangkatnya pandemi Covid-19 dan lain-lain.

“Selain itu ada yang membuat batang lidi yang dihiasi kertas krep warna warni. Agar lebih meriah dan disematkan jajanan sehat anak seperti wafer, biskuit, dan coklat untuk dibagikan pada masyarakat sekitar,” ungkap Screen Listina atau lebih dikenal dengan panggilan Bu Ina.

Ina menerangkan bahwa persiapan kegiatan pawai Ramadhan ini dibantu oleh FKOM (Forum Komunikasi Orang Tua Murid). Para guru menyiapkan souvenir untuk masyarakat sekitar berupa pembagian masker yang dicantumkan tulisan selamat menjalankan ibadah puasa 1443H.

“Sebelum mengikuti kegiatan Pawai, siswa diwajibkan untuk sarapan pagi di rumah , membawa bekal snack dan minum serta wajib menggunakan masker,” tambah Ina.

Pawai diawali oleh Kepala Sekolah SDN Sukatani 5 Screen Listina, S.Pd.SD memberikan sambutan agar siswa-siswi untuk bersiap menyambut bulan yang penuh dengan ampunan dan pahala dengan menyiapkan diri baik secara kesehatan fisik serta kekuatan niat dalam menjalankan ibadah puasanya.

“Bagi siswa SD ibadah puasa adalah sebagai latihan sejak dini agar kelak besar nanti terbiasa menjalankan ibadah puasanya,” kata Ina seperti dikutip dalam sambutannya.

Selanjutnya Ina mengatakan, jumlah siswa SDN Sukatani 5 sebanyak 454 siswa. Peserta pawai diikuti sekitar 200 siswa, terdiri dari Kelas 3, 4, dan 5.

“Karena masih PTMT 50% Kelas 1 dan Kelas 2 BDR (Belajar Dari Rumah). Dan Kelas 6 masih ada jadwal ujian praktek,” ungkap Ina.

Ina kembali menuturkan, pawai dilepas tepat pukul 07.30 WIB menggunakan rute ke arah Jalan Raya Pekapuran masuk kembali ke Jalan Belong, lalu ke pemukiman warga sambil membagikan ucapan selamat menyambut bulan suci Ramadhan dan sovenir snack anak dan masker. Pawai kembali diarahkan ke SDN Sukatani 5.

“Jarak yang ditempuh oleh peserta Pawai kurang lebih 1 kilometer seputar lingkungan sekolah saja,” ujar Ina yang sebelumnya bertugas sebagai Plt Kepala Sekolah SDN Cilangkap 8 Tapos.

Sebelum pulang para siswa diberikan ceramah agama oleh guru agama SDN Sukatani 5 Endang, tentang ibadah apa saja yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Setelah ditutup doa siswa kembali ke rumah masing-masing.

Wajah berseri menghiasi wajah siswa-siswi SDN Sukatani 5 dengan penuh kebahagiaan mereka bisa pawai bersama teman-temannya setelah 2 tahun mengalami pandemi Covid-19.

Selanjutnya Ina menjelaskan kembali, bahwa Pawai Ramadhan adalah salah satu rangkaian kegiatan program Ramadhan SDN Sukatani 5.

“Masih ada program Ramadhan lain diantaranya pesantren kilat, berbagi takjil, bingkisan Ramadhan dan buka puasa bersama walau masih terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.” pungkas Ina. (shl)