Dinkes Depok Edukasi Bahaya dan Pencegahan Kanker Leher Rahim

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Talkshow Kesehatan dalam Mengenal Kanker Leher Rahim, Pencegahan, Deteksi Dini, dan Perlindungan Diri Bagi Wanita secara hybrid di Aula Teratai Gedung Balai Kota Depok, Rabu (21/02/23).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kota Depok, Agus Gojali mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait kanker leher rahim.

Selain itu juga untuk meningkatkan kemitraan dalam penyebarluasan informasi kesehatan dan edukasi kanker leher rahim di masyarakat.

“Kami juga ingin meningkatkan koordinasi dan kolaborasi intervensi dengan lintas sektor sebagai upaya pencegahan penyakit ini,” tuturnya saat membuka kegiatan.

Dirinya menambahkan, upaya pencegahan utama yang dapat dilakukan yaitu dengan mencegah dan menghindarkan masyarakat terpapar dari faktor resiko.

Sehingga masyarakat diharapkan dapat meningkatkan status derajat kesehatannya.

“Salah satu langkah yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dengan pendekatan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” tambahnya.

Dalam hal ini, Agus menyebutkan, penyakit kanker leher rahim merupakan penyakit kanker terbanyak di Indonesia. Jenis kanker ini memiliki angka kematian yang tinggi yang disebabkan terlambatnya diagnosis dan tatalaksana.

“Sehingga harapan kami, melalui kegiatan ini dapat menyelaraskan peran dari berbagai unsur untuk berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id