Dinkes Kembali Gelar Bulan Vitamin A, Sasar 112.835 Balita Usia 6-59 Bulan

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok kembali melaksanakan Bulan Vitamin A yang diadakan setiap Februari dan Agustus. Sasaran dari program ini adalah balita usia 6-59 bulan.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, total penerima vitamin A kali ini sebanyak 112.835 balita. Dengan rincian, usia 6-11 bulan 11.476 anak dan usia 12-59 bulan 101.359 anak. 

“Seluruh anak usia 6-59 bulan di Kota Depok harus mendapatkan vitamin A untuk kekebalan tubuhnya agar terhindar dari penyakit,” tuturnya, Jumat (03/02/23).

Menurut Mary, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Selain itu, juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. 

“Apabila anak kekurangan vitamin A, maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, kapsul vitamin A ini bisa didapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan. Seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Pengobatan, Praktek Dokter, atau Bidan Praktek Swasta.

“Juga diberikan melalui pelayanan pada Posyandu,” ungkapnya.

Zakiah menjelaskan, untuk pemberian vitamin A dosisnya disesuaikan dengan usia anak. Bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

“Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id