Kegiatan Monitoring Evaluasi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin secarra virtual. (Foto: Istimewa).

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan kegiatan Monitoring Evaluasi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual, Selasa (19/07/22). 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, monitoring evaluasi itu dimaksud untuk menghasilkan rencana tindak lanjut kegiatan pelayanan kesehatan reproduksi calon pengantin. Dengan harapan seluruh fasilitas kesehatan dapat memberikan layanan kesehatan reproduksi bagi calon pengantin. 

“Persiapan kesehatan calon pengantin wanita perlu ditingkatkan agar dapat menjalankan kehamilan yang sehat, sehingga mampu melahirkan generasi penerus yang sehat,” tuturnya. 

Lebih lanjut, ujar Zakiah, pelayanan kesehatan reproduksi ini juga merupakan salah satu upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Pasalnya, intervensi tidak hanya dilakukan pada ibu hamil saja, melainkan harus dimulai sebelum kehamilan yaitu pada calon pengantin. 

Menurut Zakiah, intervensi dilakukan melalui pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi. Selain itu juga konseling kesehatan reproduksi dan skrining reproduksi bagi calon pengantin oleh tenaga kesehatan. 

“Hal ini perlu mendapat dukungan dan kerja sama dari penyuluh pernikahan di KUA dan lembaga lain agar memeriksakan status kesehatan calon pengantin ke fasilitas kesehatan,” pungkasnya.

Sumber: depok.go.id

Previous articleKelurahan Sawangan Baru Serahkan Bantuan kepada Warga Terdampak Banjir di RW 08 dan RW 09
Next articleAnggota DPRD Depok FPKS Khairulloh Ahyari Tinjau Banjir di RW 12 Pondok Petir