Diprediksi Konsumsi Konten Digital 2017 Di Indonesia Meningkat Signifikan

Depoknews.id, Depok– Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan konsumsi konten digital pada 2017. Hal ini disebabkan oleh dua hal, yaitu meningkatnya penggunaan jaringan sosial dan juga meningkatnya pengguna jaringan selular yang akan menstimulasi konsumsi konten digital dan membangunkan kembali penulis konten yang ‘tertidur’.

Infografis Konten Digital yang paling sering diakses

Peningkatan konten digital di Indonesia juga dipengaruhi oleh terbukanya kesempatan we-media atau pembuat konten yang termasuk Independent Key Opinion Leaders (KOL), penerbit individu, dan lainya di Indonesia. Dimana konsumsi konten We-Media pada Desember 2016 meningkat 6 kali lebih tinggi dibandingkan pada bulan September.

Infografis Konten Digital yang Paling Banyak Di Konsumsi

UC Web dari Alibaba Group melihat bahwa tren ini memberikan gambaran konsumsi konten pada tahun 2016 di Indonesia dengan analisa data dan perbandingan internasional. Tetapi tidak disebutkan berapa peningkatan yang akan terjadi pada tahun ini.

We Media yang Paling Diminati

“Menurut hasil observasi kami dan riset industri, saat ini terdapat 7000 reporter, jurnalis, dan editor yang bekerja di industri media Indonesia. Sekitar 3,8 persen atau sekitar 3 juta dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah blogger,” ujar Jack Huang, Presiden of Overseas Business, UCWeb Alibabab Mobile Business Group.

Dengan pertumbuhan tersebut, UCWeb memprediksi bahwa akan lebih banyak kreator konten profesional yang akan mengenalkan dirinya sebagai ‘We-Media’. We Media merupakan sebutan bagi mereka yang menekuni dunia penerbit independen dan individu penyedia konten yang dapat memberikan pengaruh.

Tren Konsumsi Konten Mobile di Indonesia Akhir Tahun 2016

“Kemudian, kami memperkirakan akan lebih banyak lagi konsumen konten digital yang menyebut dirinya “Prosumer”- konsumen yang juga terlibat dalam produksi konten, yang mana akan berkontribusi kepada peningkatan pembuat konten digital di Indonesia seperti yang terjadi di industri konten digital di Tiongkok,”

Laporan “Year-end mobile content consumption trend of 2016 in Indonesia” menunjukan adanyan peningkatan signifikan dalam konsumsi konten berita di semester 2 tahun 2016, dimana pageview di UC News pada kuartal 4 meningkat 307 % lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya, dan durasi membaca meningkat menjadi 260 % pada periode yang sama.

Tren konsumsi konten UC News di semester 2 2016 menunjukan potensi besa perkembangan W-Media, dimana industri konten digital di Indonesia mengarah kepada perbandingan pada pasar Tiongkok.