Disdukcapil Gandeng d’Co Mart Permudah Layanan Kependudukan

DepokNews- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok menggandeng Koperasi Korpri Depok Bersahabat (d’Co Mart) menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

Untuk itu, dalam waktu dekat, warga bisa memilih layanan pengantaran dan pengambilan dokumen administrasi kependudukan melalui jasa d’Co Mart.

“Kerja sama ini menjadi upaya kami membantu masyarakat dalam pengambilan dokumen administrasi kependudukan,” kata Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti usai acara Ngopi Online Bareng Baba Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara virtual, Selasa (23/03/21).

Lanjut dia, Disdukcapil Depok telah membuat opsi atau pilihan untuk masyarakat. Mereka bisa mengambil dokumen kependudukan di dinas atau kelurahan, via Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Dikirim melalui pdf untuk Kartu Keluarga.

“Untuk akta-akta bisa menggunakan jasa d’Co Mart yang langsung diantarkan ke alamat pemohon,” ujarnya.

Dikatakan Nuraeni, nantinya opsi tersebut akan dilampirkan dalam layanan whatsapp. Layanan ini berbiaya sebesar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu untuk pengantaran di seluruh Kota Depok.

“Kembali lagi ini menjadi pilihan warga, kerja sama dengan d’Co Mart ini bukan untuk mencari keuntungan namun semangat membantu masyarakat. Misalnya rumah di Tapos tentu ongkos ke dinas akan lebih dari itu. Maka niatnya memudahkan bisa memilih layanan pengantaran melalui d’Co Mart,” terangnya.

Ia menambahkan, layanan pengantaran masih menunggu skema dari d’Co Mart. Rencananya Mei mendatang layanan ini sudah bisa diterapkan.

“Pemerintah juga proaktif bekerja sama dengan banyak pihak, salah satunya Gojek dan Grab. Kami menyambut baik tapi pelayanan tentu tetap menjalankan protokol kesehatan. Kini masih dalam kajian, misalnya skema pengantaran, dan kesiapan kami menyediakan shelter bagi ojol,” tandasnya.