Depok – Senin, 08/11/2021 pengurus DPC PKS Kecamatan Limo bersama pengurus Ranting PKS Kelurahan Limo, melakukan giat bantuan kepada warga terdampak banjir akibat luapan Kali Grogol.

Lokasi pemukiman warga yang terletak di RT.06/RW.03 Kelurahan Limo berada di bantaran sungai, rawan terjadinya banjir. Haris, Ketua RT.06/03 mengungkapkan setidaknya ada 17 rumah warga terendam air dengan ketinggian lutut orang dewasa, genangan air surut selepas maghrib dengan berhentinya hujan. “Jika hujan masih terus berlanjut, biasanya masih akan terendam air”, ungkap Toto, salah satu warga yang ikut membantu evakuasi warga.

Giat bantuan korban banjir ini menjadi tradisi rutin dari PKS Kota Depok, sebagai wujud komitmen khidmah (pelayanan) masyarakat. “Alhamdulillah, di tengah keterbatasan kami, masih dapat berbuat sesuatu bagi warga yang terdampak musibah”, ungkap Priyo Kasnita, Ketua DPRa PKS Kelurahan Limo. Priyo melanjutkan, “kondisi topografi yang rendah memang sangat potensial terjadinya banjir, apalagi berdampingan dengan jalur sungai, hal ini akan kami audiensi melalui Fraksi PKS DPRD Kota Depok”.

Tampak hadir, Sekretaris Ranting PKS Kelurahan Limo, Ayi Ahmad Solihin didampingi oleh Farid dari Kepanduan PKS Kota Depok. “Awal Januari 2020 teman-teman PKS Limo bersama warga membuat dapur umum, bantuan logistik dan bantuan alat tulis bagi anak-anak, sebab besoknya mulai masuk sekolah dan alat tulis mereka kondisi rusak akibat banjir”, ungkap Ayi sembari mendistribusikan bantuan kepada warga. Ayi berharap, masyarakat Limo khususnya lebih proaktif terkait sikap tanggap bencana, sehingga saling bantu meringankan beban musibah. “Musibah hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semua dan ujian sejauh mana kita saling membantu sesama”, ungkap Farid mewakili Kepanduan PKS Kota Depok.

“Harus ada langkah konkret bersama dari segenap warga dan juga didukung Pemkot Depok, untuk bisa membenahi daerah aliran sungai, agar semestinya mendatangkan manfaat, bukan mudharat, ini menjadi salah satu tugas PKS sebagai partai pemenang di Kota Depok, insya Allah menjadi perhatian kami”, ungkap Mara Sukmara, Ketua DPC PKS Kecamatan Limo sekaligus pamit meninggalkan lokasi sebab harus beralih ke agenda lain.

Apabila warga memiliki aspirasi, kritik dan saran bagi pembangunan Kota Depok, dapat disampaikan melalui kantor pengurus PKS terdekat baik di tingkat Kecamatan (DPC) maupun Kelurahan (DPRa).