foto (istimewa)

Oleh : Muhammad Padli

  1. Masjid Imam

Masjid ini termasuk bangunan paling megah di kota Isfahan. Masjid berkubah emas menyerupai bola lampu ini kian indah dengan empat menara yang menjulang setinggi 160 kaki. Sebagian besar masjid ini dibangun dari bahan keramik dan batu piruz. Keindahan dan kemegahan Masjid Imam kian kentara dengan kehadiran sebuah kolam besar di tengah pelataran masjid. Masjid berarsitektur tinggi peninggalan Dinansti Seljuk ini konon dibangun selama 20 tahun.[10]

  • Istana Checel Sutun

Bangunan ini memperlihatkan warisan budaya yang tak ternilai dalam peradaban Islam masa lalu, khususnya di kawasan Persia. Arti Checel Sutun adalah “40 Tiang”. Namun pada kenyataannya Masjid ini hanya disangga 20 tiang. Disebut 40 tiang karena 20 tiang yang bisa terlihat merupakan pantulan bayangan dari air kolam di istana ini. Istana Checel Sutun menyerupai kompleks dengan ornamen yang luas dan artistik. Dengan luas 67.000 meter persegi, istana ini selalu terawat dan seperti bangunan baru. Padahal istana ini sudah dibangun berabad-abad lalu pada masa Dinasti Safavi.[11]

  • Istana Ali Qapu

Seperti halnya Checel Sutun, Ali Qapu adalah istana yang indah meskipun dibangun pada zaman dulu. Objek wisata ini dianggap tempat paling tepat untuk menikmati pemandangan secara keseluruhan Masjid Imam. Di setiap sudut dinding istana, para wisatawan bisa menikmati lukisan-lukisan bergaya natural dengan gambar-gambar bunga, pepohonan, dan hewan-hewan. Kabarnya, Istana Ali Qapu seringkali digunakan untuk menjamu para tamu terhormat dan undangan penting.

  • Menara Jonban

Menara Jonban dianggap bangunan yang unik dan ajaib. Menara ini dinamakan “Jonban”, yang artinya bergerak. Jika menara ini digerakan, semua bangunan di sekitar menara ini akan ikut bergetar. Menara yang dibangun pada tahun 716 Hijriah ini terdiri atas sebuah kamar besar dan dua menara. Di dalam menara ini terdapat makam wali tersohor bernama Amu Abdullah.

  • Siuse Pool

Siuse Pool bisa diartikan “33 Jembatan”. Dengan panjang 300 meter dan lebar 14 meter, Siuse Pool sering dikunjungi wisatawan karena keunikannya yang memiliki 33 pintu. Meski dibangun pada tahun 1005 Hijriah, jembatan ini tetap kokoh. Maklum, dulu jembatan in dipakai sebagai jalur untuk melintasi angkatan perang. Pembangunan jembatan ini atas perintah seorang perwira militer di zaman Shah Abbas.

  • Bazar Isfahan

Selain dikenal sebagai objek wisata budaya, Isfahan pun dikenal juga sebagai objek wisata belanja, tepatnya di Bazar Isfahan. Pasar ini berlokasi di sekeliling Masjid Imam. Macam-macam cenderamata khas Isfahan, seperti miniatur istana, seni kaligrafi, lukisan, bisa menjadi Oleh-oleh berharga bagi para wisatawan.