Fasilitasi Pelaku Usaha Mikro, Pemkot Gelar Panmas Fair 2023

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah (Setda) pKota Depok, Mohammad Fitriawan memberikan sambutan pada pembukaan Panmas Fair 2023, di Halaman Kantor Pancoran Mas (Panmas), Jumat (13/10/23). (Foto: JD 05/Diskominfo)

DepokNews – Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Mohammad Fitriawan menghadiri sekaligus membuka acara Panmas Fair 2023, di Halaman Kantor Pancoran Mas (Panmas), Jumat (13/10/23).

Dirinya mengapresiasi acara tersebut, karena telah memfasilitasi pelaku usaha mikro mengenalkan produk usahanya.

Fitriawan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya agar pelaku usaha mikro menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi. Baik di level lokal, regional, dan hingga nasional, sehingga warga Depok memiliki kebanggaan mengunakan produk tersebut.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi karena menjadi sarana memperkenalkan produk-produk yang telah dibuat oleh wirausaha baru yang dibina Kecamatan Panmas,” katanya saat pembukaan Panmas Fair 2023 tersebut.

Fitriawan menjelaskan, pasca pandemi Covid-19 Pemkot Depok membangun strategi dan arah kebijakan pembangunan ekonomi dalam lingkup pengembangan UMKM.

Dengan meningkatkan kualitas UMKM yang berdaya tinggi, produktif dan efisien dengan disertai pembangunan sarana pemasaran atau tempat usaha bagi usaha mikro.

Berbagai upaya pemberdayaan yang dilakukan Pemkot Depok yaitu melalui pelatihan-pelatihan yang inovatif dan adaptif. Diharapkan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM di dalam mentransformasikan digital pemasaran.

“Selain program pelatihan digital Pemkot Depok juga memfasilitasi pelaku UMKM dalam aspel legalitas usahanya. Kami yakin pemerintah Kecamatan Panmas juga terus mengembangkan kajian mengenai potensi pasar yang ada untuk UMKM-nya,” jelasnya.

“Kami berharap melalui pameran ini dapat mengembangkan ekonomi keluarga, mengurangi pengangguran dan tingkat kesejahteraan keluarga terutama masyarakat Panmas bisa meningkat lagi,” ucapnya.

Terakhir, ia mengimbau masyarakat untuk memilih produk-produk UMKM yang ada di wilayahnya sebagai solusi kebutuhan rumah tangga. Agar perekonomian terus berputar sehingga para pelaku UMKM dapat bertahan.

“Dari produk-produk makanan yang tadi saya cicipi semua rasanya enak, tidak kalah dengan makanan yang mahal di luar sana,” ujarnya.

“Jadi mari kita beli dan bela produk lokal dengan membeli selalu produk usaha milik UMKM,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id