DepokNews- Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sukamaju Baru Kecamatan Tapos Kota Depok mengadakan acara Jumat Berkah sekaligus sosialisasi manfaat minyak goreng bekas atau lebih dikenal minyak jelantah pada Jumat (8/4/2022) di Kampung Sindangkarsa RT 07 RW 05 Kelurahan Sukamaju Baru Kecamatan Tapos Kota Depok. Acara tersebut bekerjasama dengan Rumah Baca Hana.

Dalam rangka memanfaatkan momentum Gebyar Ramadhan RKI, kegiatan Jumat Berkah yang diiringi sosialisasi manfaat minyak jelantah dihadiri oleh Ketua Rumah Baca Hana, Dian Sandiyani, Ketua Kk UPKK PKS Kelurahan Sukamaju Baru Siti Aisyah, dan Ketua HKP Sukamaju Baru Asmunah.

Salah satu pengurus RKI PKS Kelurahan Sukamaju Baru mengatakan kegiatan sosialisasi manfaat minyak jelantah merupakan bagian dari program rutin Jumat Berkah.

“Dihadiri oleh 45 orang dengan kegiatan minyak goreng murah, pemeriksaan tensi darah gratis, dan sosialisasi manfaat dari minyak jelanta,” ujar Sri Mulyati, pengurus RKI PKS Kelurahan Sukamaju Baru.

Sri lanjut mengatakan, kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan doa oleh Ibu Mulyati selaku Wakil dari Ketua UPKK PKS Sukamaju Baru yakni Ibu Yuni Watinah.

“Dilanjutkan dengan Sosialisasi tentang Minyak Jelantah untuk dikumpulkan dan dijadikan tabungan uang. Sehingga minyak bekas pun bisa menghasilkan tambahan pendapatan juga. Pada kesempatan itu dijelaskan juga bahaya minyak jelantah jika dibuang atau dikonsumsi sampai hitam,” ungkap Sri.

Antusias masyarakat dalam kegiatan ini juga tampak dalam antrian tertib ketika mengambil minyak dan sabun cuci piring gratis yang di sediakan oleh RKI Kecamatan Tapos.

“Masyarakat menilai kegiatan ini sangat membantu di saat harga minyak goreng mahal dan daya beli masyarakat menurun. Harapan kedepannya semoga PKS Sukamaju Baru bisa kembali mengadakan kegiatan yang serupa,” ujar Sri. (shl)