Peringatan malam Nuzulul Qur’an di masjid Al Muttaqin Blok Pinang Rt.003/12, Kelurahan Cipayung Kecamatan Cipayung, berlangsung dengan penuh khidmat. (Selasa, 19/04/2022). Banyak jama’ah yang tidak beranjak sejak selesai melaksanakan shalat taraweh, mereka antusias menunggu kedatangan habib Syarif Gasim, anggota DPRD kota Depok dari fraksi PKS, yang notabene merupakan seorang penceramah.

Habib Syarif Gasim sengaja diundang oleh pengurus DKM masjid Al Muttaqin untuk memberikan tausiyah. Dalam tausiyahnya aleg dari fraksi PKS tersebut, banyak menyampaikan ilmu yang berkenaan dengan bulan ramadhan dan kaitannya dengan nuzulul qur’an.
Salah satu isi ceramah yang disampaikan oleh habib Syarif Gasim, menyebutkan, Al Qur’an itu adalah kitab Susi yang dijamin ke asliannya, Al Qur’an tidak bisa dirubah baik secara teks maupun bahasanya. Menurut habib Syarif Gasim, baik di Eropa, Rusia, atau bahkan di Cina, Alqur’an akan tetap berbahasa arab.

Habib Syarif Gasim juga sempat menyampaikan sebuah kisah, bahwa ada seseorang yang mendapatkan siksa dari Allah, kemudian orang tersebut meminta kepada nabi untuk memberikan syafaatnya, agar ia terhindar dari siksaan Allah, namun Rasul salallahu’alaihi wassalam tidak dapat memberikan syafaatnya, mengingat orang tersebut telah bermaksiat dibulan ramadhan, ia tidak berpuasa, padahal tidak ada uzur syar’i yang membolehkan untuknya tidak puasa.

Di akhir ceramahnya, habib Syarif Gasim mengajak semua yang hadir untuk muhasabah, dan tidak sedikit yang akhirnya menangis karena larut terbawa perasaan ketika habib Syarif Gasim mengajak semua jamaah untuk fokus mengingat Allah.

Sementara itu pengurus DKM masjid Al Muttaqin Asep Darmawan, sangat berterimaksih kepada habib Syarif Gasim yang sudah mengagendakan untuk hadir di masjid Al Mutaqin, mengingat telah beberapa kali diundang, tapi selalu berhalangan.
Acara Nuzulul Qur’an ditutup dengan pembacaan doa oleh ustadz H. Maruddin… /// Husaini aspri HSG.