DepokNews–Dalam upaya mendukung program kurikulum merdeka para tutor dan ketua Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) yang tergabung di Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional Kota Depok mengikuti Bimbingan Teknis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Impelementasi Kurikulum merdeka(IKM).

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Bimbingan Teknis Dery Sasmita kepada wartawan mengatakan bimtek AKM dan IKM diikuti oleh tutor kesetaraan dan ketua PKBM se-Kota Depok sekitar 100 peserta.

“Di kegiatan ini kami mendatangkan Fauzi Eko Prayono yang merupakan seorang tokoh pendidikan kesetaraan sekaligus pembina FTPKN nasional,”katanya

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto, Kepala Seksi Paud Dikmas Dinas Pendidikan Kota Depok Bambang Pramudiono,
H.Naimun selakun Ketua Forum Tutor, dan
penilik.

Dia mengatakan pelatihan atau bimbingan teknis ini bertujuan untuk membantu tutor dalam memahami bagaimana jenis jenis soal Asesmen Kompetensi Minimum sekaligus praktik dalam membuat soal AKM.

Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FKPKBM) Kota Depok Supriyadi menambahkan manfaat dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi tutor dan meningkatkan motivasi dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik yang profesional.

Dia menambahkan bimtek ini juga untuk meningkatkan kemampuan tutor dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Diharapkan bahwa peserta mampu meningkatkan kemampuan pengelola PKBM dalam memahami pemenuhan Standar Kompetensi Kelulusan, mendorong PKBM untuk lebih tertib dalam mempersiapkan administrasi Perangkat Kurikulum, menciptakan tertib administrasi,”katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto mengapresiasi kegiatan Bimtek yang dilakukan oleh PKBM dan Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional Depok dalam upaya meningkatkan kompetensi mutu dan kualitas para tutor.

“Mereka mandiri menggelar kegiatan Bimtek, kami apresiasi mereka, mudah mudahan ditahun depan kita berikan dana untuk melakukan kegiatan seperti ini,”katanya.

Dia berpesan agar para peserta yang sudah mengikuti bimtek ini dapat mengimpelementasikannya sehingga dapat menciptakan pendidikan yang berkarakter.

Koordinator Fungsi Kesetaraan, Dit PMPK
Fauzi Eko Pranyono, memberikan pemaparan tentang Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan.

Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar ditindak lanjuti dengan Implementasi kurikulum Merdeka ditujukan kepada guru, para kepala sekolah, kepala madrasah, dan kepala PKBM dalam mempersiapkan keterlibatannya pada Kurikulum Merdeka pada tahun ini hingga kedepanya.

Previous articleDisrumkim Silahturahmi Dengan PWI Depok dan Diskusi Ringan
Next articleSekda Depok Ajak Masyarakat Belanja Di Pasar Tradisonal agar Perekonomian Bisa Terus Tumbuh