Hujan Angin di Depok, Satgas DLHK Tangani Pohon Tumbang di Sejumlah Lokasi

DepokNews – Satuan Tugas (Satgas) Pohon Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok yang terdiri dari lima hingga enam personel langsung diterjunkan untuk menangani pohon tumbang di sejumlah lokasi. Pohon tersebut tumbang akibat angin dan hujan deras yang terjadi kemarin, Sabtu (04/11/23).

“Kejadian malam hari, kami terjunkan satgas dengan jumlah lima hingga enam personel untuk melakukan penanganan, dibeberapa lokasi tersebut,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman, Minggu (05/11/23).

Dikatakannya, beberapa lokasi yang dimaksud antara lain, Jalan Juanda, Komplek Griya Sekar Melati Pangkalan Jati, Jalan Damai 7 Pancoran Mas, Jalan Karet Kelurahan Pondok Cina dan Perumahan Permata Duta Cilodong. Jenis pohon tumbang diantaranya, pohon lamtoro, cemara udang, karet, rambutan dan pohon ketapang.

“Pohon ini tidak masuk dalam daftar pohon rawan tumbang. Jadi, kejadian ini murni faktor alam,” ucapnya.

Abra, panggilan akrabnya menyebut, armada yang dikerahkan yaitu mobil dump truck hydraulic, gergaji mesin, golok dan tambang. Atas kejadian tersebut, tembok pembatas jalan di Jalan Juanda mengalami kerusakan, juga atap rumah warga di Komplek Griya Sekar Melati, Jalan Damai dan Jalan Karet ikut rusak tertimpa pohon.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon rindang, saat hujan maupun angin kencang dan selalu waspada. Jika ditemukan adanya pohon tumbang atau rawan tumbang, masyarakat bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id