DepokNews- Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Depok gelar Musyawarah Besar (Mubes) IV, pada 27 November 2021.

Dalam Mubes IV juga akan memilih calon Ketua Umum IKM Periode 2021-2026.

Ketua Umum IKM Kota Depok Periode 2016-2021, Imran Ilyas S. Guchita menjelaskan, ada lima kandidat dari calon ketua umum. Salah satunya adalah Ketua DPRD Depok TM. Yusufsyah Putra.

Mubes ini akan diikuti IKM lokal yang ada di Kota Depik, dan tiap IKM akan mendapat satu suara untuk menggunakan hak pilihnya dalam Mubes IKM.

“Ada 88 IKM Lokal di Depok, tingkatannya mulai dari perumahan hingga di kelurahan. Mereka ini nantinya akan memilih satu dari kandidat yang ada,” jelas Imran, di Sukmajaya, Sabtu (20/11).

Imran melanjutkan, kandidat yang terpilih telah memenuhi persyaratan. Yakni, menjadi anggota dan duduk di bangku kepengurusan periode sebelumnya.

“Dan pastinya berdarah Minang, boleh salah satunya yang, misalkan bapak atau ibunya saja yang berdarah Minang. Itu tidak masalah,” ujarnya.

Untuk IKM sendiri, sebagai salah satu dalam lima suku terbesar di Depok ini, ketua yang baru harus mencanangkan program kerja yang nyata bagi anggota.

Registrasi untuk anggota sangat dibutuhkan. Mengingat banyaknya orang Minang di Kota Depok.

“Mencapai 450 ribu, namun belum ada aktivasi kepesertaan,” ucap Imran.

IKM sendiri semua program adalah unggulan, prioritas utama adalah kegiatan sosial. Sunatan masak, juga pembagian sembako untuk warga yang terkena Pandemi Covid-19.
Imran pun menyampaikan pesan-pesan untuk suksesnya penyelenggaraan Mubes IV ini. Salah satu pesan dan harapannya semoga Mubes IV berjalan dengan sukses memilih Ketua Umum yang baru.

“Program yang belum dapat terwujud selama periode 2016-2021, seperti pembangunan rumah gadang sekretariat IKM, semoga dapat diwujudkan oleh kepengurusan yang baru nanti”, pungkas Imran.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Mubes IV IKM Kota Depok, Dr. Ir. Fauzan Ali, M.Sc., berbeda dengan Mubes sebelumnya, Mubes IV IKM kali ini akan diselenggarakan  secara daring.

“Karena sekarang masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pengurus bersama Panitia menyepakati pelaksanaan Mubes IV ini secara online. Panitia akan memandu pelaksanaan Mubes secara virtual dari Sekolah Lentera Insan, di Jl. Akses UI No 101, Kelapa Dua Depok”, kata Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan mengatakan bahwa panitia juga akan berupaya untuk mewujudkan Mubes ini dapat ditonton melalui Youtube, sehingga masyarakat Minang yang ada di Kota Depok dan di kampung halaman juga dapat menyaksikan jalannya musyawarah.

Dr. Sapriyanto Refa, SH, MH (Ketua Umum periode 2006-2011 dan 2011-2016) juga menyampaikan ucapan selamat dan doa sukses kepada IKM Kota Depok dalam penyelenggaraan Mubes tahun ini. Melalui rekaman video, Sapriyanto mengatakan,

“Mubes adalah organ tertinggi dalam organisasi IKM dan memiliki kewenangan dalam mengubah Anggaran Dasar, membuat program kerja, dan memilih Ketua Umum. Saya berharap, Mubes kali ini mampu memilih seorang Ketua Umum yang dapat membangun soliditas anggota, soliditas antara anggota dengan pengurus, dan mampu melakukan penguatan kelembagaan IKM ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu calon Ketua Umun IKM Depok TM Yusufsyah Putra mengaku, dirinya memang diminta menjadi Ketua Umum IKM Depok.

Mengingat orang Sumatera Barat cukup besar di Depok dari kumpulan ini, sangat solid dan guyub, bersatu dalam wadah IKM. Menciptakan silaturahmi dengan kegiatan positif. Menguatkan satu sama lain untuk terus mengingatkan.

“Saya diminta, dan saya sangat peduli dengan IKM karena saya juga berdarah Minang. Semua keluarga, dan sangat guyub,” kata Putra sapaannya.

IKM sendiri adalah bagian daru organisasi masyarakat yang berkontribusi di kegiatan sosial. Ketika pandemi mengajak anggota masyarakat Minang mengedepankan protokol kesehatan.

“Juga membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 dengan menjaga kesehatan dalam diri,” ujarnya.

Putra sendiri berharap siapapun pemimpin IKM Depok dapat membawa lebih kebaikan. Menjaga kesatuan orang Minang menjadi lebih solid, dan menjaga sinergisitas dengan suku lain di Depok.

Ikatan Keluarga Minang Kota Depok telah berdiri sejak tahun 1978, saat dimulainya pengembangan perumahan nasional (Perumnas) di Depok I dan Depok II. Aktif untuk beberapa tahun, lalu nyaris vakum dalam waktu yang cukup lama.

Di awal tahun 2000-an hanya beberapa IKM lokal yang ada di kelurahan saja yang masih eksis. Baru pada tahun 2006, beberapa anak muda Minang berupaya menghidupkan kembali organisasi ini dan berhasil menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) I pada November 2006.

Saat itu terpilih Bapak Dr. Sapriyanto Refa, SH. MH. sebagai Ketua Umum dan menjabat selama 2 periode (2006-2016), karena di Mubes II beliau terpilih kembali menjadi Ketua Umum. Mubes III IKM Kota Depok (19 November 2016) menetapkan Bapak Imran Ilyas S. Guchita, SH. sebagai Ketua Umum, yang menjabat hingga sekarang.

Tahun ini adalah tahun terakhir periode kepengurusan IKM Kota Depok periode 2016-2021. Mubes akan kembali diselenggarakan untuk memilih Ketua Umum yang baru. Sebanyak 68 IKM-IKM Lokal yang ada di Kota Depok akan menjadi peserta pada Mubes IV, yang insya Allah akan diselenggarakan pada Sabtu, 27 November 2021.