Imam Budi Hartono Kenang Masa Mahasiswa Saat Isi Tausiyah di Pesantren Darul Hikam Kukusan

DepokNews– Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengisi acara dengan para alumni dan wali santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Cabang Depok yaitu Pesantren Al Hikam milik Alm. KH. Hasyim Muzadi untuk .

Dalam kesempatan tersebut Imam mengenang waktu menjadi Mahasiswa Fak. Teknik Gas Petrokimia Universitas Indonesi yaitu pada tahun 1987.

” Saya pernah kos atau tinggal didaerah tersebut. Pribadi saya sangat bangga di Depok memiliki Pesantren Al Hikam. Banyaknya pesantren di Kota Depok menambah kuat religiusnya kota ini,”ujarnya.

Imam menjelaskan dalam RPJPD 2005 – 2025 visi Kota Depok adalah sebagai Kota Niaga dan Jasa yang berwawasan lingkungan dan religius. Tumbuhnya Kota Depok sejak menjadi kota pada tahun 1999 dengan hadirnya UI membuat perkembangan sangat pesat.

” Orang dulu menganggap “Depok tempat jin buang anak” kini tidak lagi, bahkan menjadi kota dambaan banyak orang untuk bisa tinggal dan mencari nafkah,”katanya.

Selain itu imam juga membeberkan banyak umat Islam memiliki keinginan dan cita-cita menjadi santri pada sebuah pesantren, terutama Gontor. Bahkan menjadi dambaan para orang tua ingin menjadikan anak mondok disana.

” Saya sendiri sejak kecil memang tidak mondok, SD – SMP dan SMA disekolah biasa (Swasta dan Negeri) bukan sekolah berjudul sekolah agama. Merasakan pelajaran agama secara intensif di kegiatan “Pesantren Kilat”. Tapi sebagai anak yang dibesarkan dibudaya Betawi, agama merupakan bagian yang menjadi kebiasaan sehari-hari. Saya diajarkan sholat, puasa, zakat, ngaji oleh orang tua dan para ustadz dimasjid tempat tinggal,”bebernya.

Para Warga kata Imam bersyukurlah yang dapat menjalankan pendidikan di Gontor. Para orang tua juga wajib bersyukur telah menjadikan Gontor menjadi tempat mendidik anak-anaknya disana. Depok sendiri juga punya tempat tersendiri bagi para santri, karena Walikota Depok Bapak KH. Mohammad Idris, Lc, MA berasal dari sana.

” Sementara kalo anak UI hanya jadi Wakil Walikota saja (hehehe). Sipitung Jagoan Betawi, Jago Silat Pintar Mengaji, Walikotanya Pak Kyai, Tambah Mantab Wakilnya Alumni UI. Semoga anak-anak bapak ibu yang sedang mondok di Gontor selalu sehat dan insya Allah dapat juga kelak menjadi Walikota Depok, bahkan Presiden seperti KH. Gusdur,”pungkasnya.