DepokNews – Kesatuan Lalu Lintas (Lantas) Polres Metro Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan   enam pos pemeriksaan   untuk melakukan pengecekan kendaraan yang melintas saat melaksanakan uji coba penerapan ganjil-genap (gage) di Jalan Margonda Raya, Sabtu (04/12/2021).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, enam pos pemeriksaan tersebar di sejumlah titik, diantaranya, depan terminal Margonda, Simpang Ramanda dan Fly Over Universitas Indonesia (UI) dari arah Lenteng Agung. Kemudian, Fly Over UI dari arah Jalan Komjen Pol M. Yasin, Exit tol Margonda dari arah Kukusan, serta U-Turn Juanda atau on off ramp Margonda.

“Penerapan ganjil genap dilakukan pada ruas Jalan Margonda Segmen 2, Simpang Ramanda Margonda Segmen 3 Flyover UI,” jeiasnya.

Dikatakannya, akan ada penempatan petugas di enam titik dan tiga titik tambahan seperti di Simpang PLN, RTM dan U-Turn Jalan Arif Rahman Hakim. Termasuk petugas yang melakukan mobilitas dan penghitungan volume lalu lintas.

“sejumlah 200 personil diterjunkan, terdiri dari Polres, Dishub, Satpol PP dan TNI yang terbagi menjadi 2 shif yaitu pukul 12.00-15.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB,” jelasnya.

Uji coba penerapan kebijakan ganjil genap inj untuk sementara dilakukan pada tanggal 4,5,11,12 Desember 2021. Sampai dengan evaluasi kembali berdasarkan kinerja jaringan jalan.

“Kebijakan ini dilakukan sebagai wujud ikhtiar kita dalam mengurangi kemacetan, mengurangi mobilitas untuk pengurangan kasus Covid-19 dan untuk meningkatkan kualitas udara,” tutupnya