Ini Tips Mengatasi Anak Ketika Malas ke Sekolah

DepokNews- Mengatasi anak yang malas sekolah adalah hal yang harus dilakukan orang tua. Melelahkan memang, namun menjadi suatu kewajiban yang harus diatasi bersama.

Ada beberapa hal yang membuat anak menjadi tak bersemangat sekolah. Tiba-tiba malas bangun pagi, tak berselera makan, malas-malasan menata buku dan ganti pakaian hingga yang paling parah adalah pura-pura sakit.

MENERIMA PESANAN KACAMATA SECARA ONLINE HARGA EKONOMIS KUALITAS DI GARANSI INFO LENGKAP WA: 0896-7262-4114

Hal itu menjadi alasan anak agar tak perlu berangkat sekolah. Jika hal tersebut terjadi, apa yang harus dilakukan orangtua.

Dirangkum dari berbagai sumber, banyak cara dspat dilakukan agar anak semangat berangkat ke sekolah, dengan tidak memberikan ancaman atau menjanjikan akan memberikan hadiah.

Dampak negatifnya, anak akan menjadikan ‘malas sekolah’ sebagai senjata untuk mengontrol Anda.

Saat anak menginginkan sesuatu, ia akan mengeluarkan senjata tersebut untuk membuat Anda luluh.

Jadi, menjanjikan hadiah atau perlakuan khusus agar anak semangat sekolah justru lebih banyak membawa dampak negatif daripada positifnya.

Ada juga orangtua yang tidak berhasil membujuk anaknya bersekolah dengan janji-janji manis.

Setelah libur panjang karena hari raya atau ulangan akhir semester, anak yang terbiasa mengisi liburannya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat biasanya jadi berat untuk berangkat sekolah.

Antisipasi yang bisa Anda berikan adalah hindari kegiatan yang membuat anak malas atau berhenti berpikir.

Tapi, faktanya orangtua justru memberikan keleluasan bagi anak saat liburan tiba.

Kita membiarkan mereka bermain sepuasnya dan tak mengindahkan kemampuan berpikir anak yang bisa menurun apabila terlalu lama tidak dilakukan stimulasi.

Jangan biarkan anak menghabiskan waktunya untuk menonton tv seharian, menonton kartun seharian, tiduran seharian di rumah atau bermain gadget hingga games online tanpa jeda.

  1. Tantang anak untuk mencapai target.

Agar anak semangat sekolah, Anda bisa menantang mereka untuk mencapai target tertentu.

Supaya ia semangat berangkat sekolah dan menunjukkan performa belajar yang baik, tantang ia untuk menaikkan nilai matematikanya.

Hindari untuk memberikan target di luar kemampuan anak.

Apabila ia tidak tertarik dengan matematika karena minat dan bakatnya ada di bidang lain, berarti targetnya cukup sampai di nilai standar sekolah saja.

  1. Konsisten Memotivasi Anak agar Selalu Semangat Sekolah

Kesalahan orangtua adalah malas mengantisipasi masalah. Kita cenderung bersikap pasif saat semua berjalan dengan lancar.

Saat anak-anak menjalani kegiatan sekolah dengan santai, terlihat baik meskipun tak berprestasi itu sudah cukup bagi kita.

Sehingga, kita malas untuk memotivasi anak agar semakin semangat menjalani hari-hari di sekolah. Padahal, kegiatan padat yang monoton bisa membuat anak kelelahan secara psikis.

Dampaknya, anak bisa tiba-tiba malas berangkat sekolah. Oleh karena itu, ada ataupun tidak ada masalah dengan sekolah, Anda harus tetap rajin memotivasi anak.

  1. Anda bisa mulai dari cara yang sederhana.

Misalnya, setiap pulang sekolah, Anda bisa bertanya tentang aktivitasnya, dengan siapa ia bermain, bagaimana cara Bapak atau Ibu guru dalam menjelaskan, apakah ia senang mengikuti pelajaran atau mengalami kendala?

  1. Tiap pagi, bangunkan anak dengan nada ceria dan positif.

Dengan memberikan kalimat penyemangat, alhasil anak akan semangat dan segar untuk berangkat ke sekolah.