Ini yang Dilakukan Pemkot Depok Untuk Cari Camat dan Lurah

DepokNews- 14 orang sudah diseleksi dan siap menjadi camat. Ke 14 orang ini berasal dari Eselon IIIB dan IIIA, dan mengajukan diri menjadi camat.
Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, Pemkot Depok berencana akan melakukan mutasi, rotasi dan promosi terhadap beberapa lurah di wilayah Depok, untuk menjadi camat.
“Mereka mengajukan untuk menjadi camat. Kalau yang eksisting camat juga akan kami lakukan asesmen,” jelas Idris.

Ia menambahkan, baik calon camat maupun camat yang eksisting saat ini nantinya akan dilakukan asesmen yang tidak hanya dengan psykotes, namun camat yang lama tidak dengan psykotes melainkan dengan wawancara dan beberapa peraturan birokrasi.

“Tidak harus, kan hasil asesmen. Asesmen kan menggunakan pansel juga yang diswakelola dari dalam dan bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Pranata UI. Mereka nantinya melakukan psykotes dan hasil psykotes akan dilanjutkan dengan tes lain dari internal pemkot yakni Baperjakat dan pihak luar seperti akademisi,” jelasnya.

Lebih lanjut Idris mengatakan, pihaknya belum melakukan evaluasi terhadap 11 camat yang eksisting saat ini, namun hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Bila dilihat kinerja dengan ukuran penyerapan anggaran, mereka cukup bagus. Tapi yang dievaluasi tidak hanya masalah serapan anggaran akan tetapi asesmen nanti juga mengaitkan dengan konfirmasi kemasyarakatan, komunikasi kemasyarakatan, tiga pilar dan Muspika. Mutasi juga tidak dilakukan dalam waktu dekat, dan tidak akhir tahun ini juga.

“Jadi akan ada mutasi khusus camat nanti,” tandasnya.(mia)