Jaga Kualitas Udara di Depok, DLHK Lakukan Sejumlah Langkah

DepokNews–Upaya menjaga kualitas udara agar tetap baik dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dengan sejumlah langkah. Salah satunya dengan aksi penanaman pohon.

“Emisi gas buang dan tingginya pertumbuhan kendaraan di perkotaan menjadi faktor utama penyebab polusi udara. Untuk itu kami melakukan upaya-upaya demi menjaga kualitas udara, salah satunya dengan penanaman pohon di pinggir jalan raya,” kata Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, di ruang kerjanya, Rabu (05/10/22).

Dikatakannya, musim peralihan dari panas ke hujan menjadi salah satu penyebab kualitas udara berstatus baik hingga sedang. Dengan adanya hujan, lanjutnya, partikulat dan partikel lainnya yang mengapung di udara menjadi tersapu dan turun.

“Ini jadi salah satu faktor kualitas udara terbilang baik. Kami juga melakukan beberapa upaya lainnya seperti kegiatan uji emisi rutin, imbauan penggunaan angkutan massal, imbauan penggunaan bahan bakar dengan kualitas baik dan lain-lain,” terangnya.

Ety menyebut, kualitas udara dipengaruhi oleh empat hal. Yaitu arah angin, kelembaban, suhu dan cuaca.

“Upaya-upaya ini tidak bisa hanya dilakukan dengan DLHK. Butuh peran aktif masyarakat untuk menciptakan kualitas udara yang baik dan layak. Diharapkan masyarakat sadar dan ikut menjaga lingkungan,” ucapnya.

“Contohnya dengan menanam pohon dipekarangan, menangani sampah dengan baik dan benar, dan lain-lain,” tutupnya

sumber : https://berita.depok.go.id/jaga-kualitas-udara-di-depok-dlhk-lakukan-sejumlah-langkah