Kamaludin Enuh Sekjen Jaringan Wirausaha (JAWARA) Depok

DepokNews–Musyawarah Kota (Mukota) ke-V Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Depok, sekaligus pemilihan Ketua Kadin periode 2021-2026, yang akan digelar pada 25 November 2021, di Hotel Bumi Wiyata Depok, Jawa Barat.

Tentu pemilihan Mukota Kadin kota Depok menjadi sorotan semua kalangan terutama para pelaku UMKM karena UMKM adalah pilar terpenting bagi perekonomian Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

“Harusnya Kadin Depok bisa bersinergi dengan pemerintah Kota Depok dalam pembinaan UMKM, kita tau di Kadin sendiri juga ada bidang untuk mengurus UMKM tapi faktanya selama ini kita belum merasakan peran Kadin Depok untuk UMKM,” kata Kamaludin Enuh Sekjen Jaringan Wirausaha (JAWARA) Depok.

Menurutnya harusnya Kadin ini menjadi payung untuk semua asosiasi dan komunitas, sekarang komunitas ataupun asosiasi jalan sendiri, saya berharap di kepemimpinan Ketua Kadin selanjutnya bisa lebih peduli terhadap UMKM, bagaimana Kadin Depok bisa membawa program program dari Pusat untuk pengembangan UMKM di Kota Depok.
“saat ini saya jika bertanya kepada temen temen UMKM, banyak yang tidak tau Kadin itu apa, apa manfaat Kadin untuk mereka, artinya Kadin belum banyak terdengar oleh UMKM Depok selama ini. Belum lagi pendaftaran Kadin yang lumayan cukup tinggi diDepok untuk temen temen UMKM lalu dimana keberpihakan KADIN Depok untuk UMKM” tambah Kamal.

Kedepan kita berharap bahwa Kadin Depok kedepan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok dan keberpihakan terhadap UMKM semakin besar.