Sekda Depok, Supian Suri bersama Tim Reaksi Cepat Penanganan PMK Depok meninjau lokasi penjualan hewan kurban di Kecamatan Tapos, Kamis (07/07/22). (Foto : JD01/Diskominfo)

DepokNews – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri hari ini meninjau tiga lokasi penjualan hewan kurban di wilayah Tapos. Tinjauan Supian Suri tersebut dilakukannya bersama Tim Reaksi Cepat Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kota Depok sebagai persiapan jelang perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Menurut Supian Suri, berdasarkan tinjauan di tiga lokasi tersebut, kondisi hewan dinyatakan baik dan sehat. Kondisi ini dipengaruhi oleh upaya antisipasi yang dilakukan oleh penjual, seperti, penerapan protokol kesehatan, pemberian vaksin, pemberian vitamin dan lain sebagainya.

“Karena kalau dilihat penyakit ini hampir sama dengan gejala Covid-19 pada manusia. Tapi ini dialami oleh hewan, sehingga, langkah-langkah upaya preventifnya sama dan setelah ditemukan kejadian dilakukan isolasi,” tuturnya, usai tinjauan di Tapos, Kamis (07/07/22).

Dirinya menjelaskan, dibeberapa tempat lain sempat ditemukan hewan yang bergejala, namun statusnya suspek. Langkah cepat yang dilakukan ialah mengisolasi dan mengobati hewan tersebut.

Lanjut Supian Suri, menurut laporan dari Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan (DKP3) Kota Depok ada sekitar 200 hewan kurban yang dinyatakan suspek. Namun, hal itu perlu dilakukan uji lab lagi guna memastikan kondisi sebenarnya hewan tersebut.

“Saya memastikan hewan kurban di Kota Depok untuk tahun ini dalam kondisi sehat dan aman dikonsumsi. Bagi masyarakat untuk tetap waspada,” katanya.

“Lalu yang menemukan atau melihat hewan kurban yang bergejala dapat segera melapor ke DKP3 Kota Depok,” tandasnya. 

Sumber: depok.go.id

Previous articleMenjelang Iduladha, DKP3 Depok Awasi Lalu Lintas Hewan Kurban
Next articleSiap-siap PPDB SMP Depok Jalur Zonasi Senin 11 Juli Akan Dibuka