Kadinkes Depok Ajak Warga Perangi Penyakit TB

Novarita Kadinkes Depok Novarita (Istimewa)

DepokNews- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak warga untuk mewaspadai bahaya penyakit tuberkulosis (TB). Pasalnya, penyakit menular ini merupakan satu dari sepuluh penyebab kematian di dunia.

“TB merupakan penyakit yang bisa menyebar kepada siapa saja, tanpa terkecuali. Di dunia kesehatan, infeksi penyakit TB masih menjadi masalah global atau nasional,” kata Kepala Dinkes Depok, Novarita beberapa waktu lalu.
Novarita mengingatkan, pengobatan TB atau yang sering disebut flek paru ini tidak mudah dan murah, karena proses penyembuhannya juga bersifat jangka panjang. Selain itu, penderita yang tidak ditangani secara tuntas bisa mengakibatkan kebal terhadap TB dan menyebarkannya kepada orang lain melalui udara.

Karena itu, kata Novarita, harus ada kesadaran masyarakat Depok agar bisa terhindar dari penyakit ini. Yaitu dengan menggunakan masker apabila sedang batuk atau influenza, rajin mencuci tangan sebelum beraktivitas. Tidak kalah penting, imbuhnya, meluangkan waktu untuk membaca informasi seputar TB dan cara pencegahannya.

“Inilah makna dari slogan HTBS Tahun 2019, Saatnya Indonesia Bebas TB Mulai Dari Saya. Yaitu kesadaran kita untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta berkontribusi aktif dalam menyosialisasikannya. Mengingatkan akan bahaya TB, merupakan tugas kita semua,” tutup Novarita.(mia)