Kapolsek Sukmajaya: Kesehatan Masyarakat Adalah Prioritas Kami

DepkNews — Polsek Sukmajaya beker jasama dengan Pengurus RW 08 Kelurahan Tirtajaya, dan Masjid An Nur Islamic Center Bella Casa Residence mengadakan vaksinasi warga di lingkungan RW 08, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Kapolsek Sukmajaya, AKP Syafri Wasdar, S.H., M.H., mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk melakukan vaksinasi warga sehingga akan terbentuk herd immunity. Hal ini, lanjut AKP Syafri Wasdar sebagai bagian upaya untuk melindungi warga dari penyebaran virus Covid-19.

“Untuk mewujudkan program tersebut, Polsek Sukmajaya menggandeng pengurus RW 08, Kampung Satgas Covid-19 RW 08, serta pihak-pihak lainnya. Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar,” kata AKP Syafri Wasdar saat meninjau lokasi vaksinasi warga di area masjid An Nur, Bella Casa Residence, pekan lalu.

AKP Syafri Wasdar mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu masyarakat agar bisa tervaksin semuanya. Oleh karena itu, jika memang ada yang perlu bantuan untuk bisa sampai ke lokasi vaksinasi, pihaknya akan membantu.

“Dalam kegiatan vaksinasi kali ini, disediakan 350 dosis vaksin Sinovac, dan yang menjadi prioritasnya adalah warga berusia 18 tahun ke atas sampai dengan lansia. Kesehatan masyarakat adalah prioritas kami,” terangnya.

Ketua RW 08, Rahmat Hidayat mengatakan, vaksinasi massal yang merupakan Bakti Kesehatan Bhayangkara dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 tahun, mendapatkan respon positif dari warganya.

Karena itu, pengurus RW 08 bersama pihak-pihak lain langsung melakukan koordinasi dan pendataan warga yang memenuhi kualifikasi untuk dilakukan vaksinasi.

“Alhamdulillah, 350 warga kami bisa vaksin tahap pertama. Rencananya, vaksinasi tahap II akan dilakukan pada tanggal 08 Agustus 2021,” kata Rahmat.

Rahmat mengajak semua pihak untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang dampaknya hampir di semua sendi kehidupan.

Demikian juga dalam pelaksanaan vaksinasi warga di RW 08. Kata Rahmat, pihaknya bergotong royong dengan warganya untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi warga.

Juru bicara Kampung Satgas Covid-19 RW, Budi Muhdiantoro mengatakan, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19 adalah mendapat suntikan vaksin. Apalagi, saat ini virus Corona sudah bermutasi sehingga mudah menyebar.

Pun demikian, kata Budi, pihaknya tetap mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol Kesehatan sebagaimana protap pemerintah.

“Kami tetap menghimbau masyarakat selalu menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker, dan rajin cuci tangan,” katanya.

Menurutnya, vaksin sebagai antibodi yang membantu sistem imun tubuh melawan infeksi virus Corona. Ia menambahkan, vaksin Covid-19 juga bisa menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.