Kejar Vaksin Drive Thru di Tol Jagorawi, Warga Meluncur Pakai Ambulance


DEPOK- Berbagai upaya dilakukan warga agar mendapatkan vaksin. Banyak yang rela antri sejak pagi sebelum sentra vaksin dibuka. Yang tak kalah menarik, sejumlah warga juga sampai memanfaatkan mobil ambulance untuk dapat divaksi di sentra vaksin drive thru yang ada di Tol Jagorawi. Antusias warga sangatlah tinggi untuk dapat divaksin di lokasi tersebut.


Wadi, Ketua RW di kawasan Gunung Putri, Bogor mengatakan, adanya sentra vaksin di Tol Jagorawi dia manfaatkan untuk warganya agar dapat divaksin. Masalah kendaraan bukan suatu kendala berarti. Dia memiliki inisiatif untuk memanfaatkan mobil ambulans untuk membawa warga ke lokasi sentra vaksin. “Bagi orang seperti saya, kegiatan ini sangat membantu. Apalagi kami bingung mendapatkan vaksin,” katanya saat ditemui di Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama KM 18, Kamis (23/9/2021).


Dari Kampung Dedep, Desa Tlajung Udik, Gunung Putri, setiap hari Wadi mengemudikan ambulance dan membantu warga yang ingin divaksin dengan membawanya ke vaksinasi drive thru di Tol Jagorawi. Warga pun merasa terbantu dengan adanya mobil tersebut yang mengantar ke lokasi vaksin. “Saya sudah 3 hari berturut-turut ke sini. Setiap harinya dua kali pulang pergi. Saya sengaja pakai ambulance untuk mengakomodir warga. Setiap hari paling sedikit 9 orang saya bawa,” ungkapnya.


Dia menuturkan, kuota vaksin yang tersedia di daerahnya sangat terbatas. Oleh karena itu, warganya merasa bersyukur ada kesempatan vaksin di tol seperti ini. “Masih banyak warga yang belum divaksin. Saya sangat berharap bisa membawa banyak warga agar bisa divaksin,” akunya.


Naimah salah satu warga mengaku lega sudah divaksin. Dia mengaku kesulitan untuk mendapatkan vaksin di wilayahnya. Ketika mendapat tawaran vaksin di Tol Jagorawi pun dia menyambut dengan capat. “Ya Alhamdulillah sudah divaksin. Tadinya susah dapat vaksin terus ini ada yang nawarin ya saya mau,” katanya.


Awalnya dia mengaku ragu karena untuk mencapai lokasi vaksin perlu kendaraan roda empat. Namun ketika diinformasikan akan diantar dengan ambulans Naimah pun merasa terbantu. “Untung ada mobil ambulans, ya ngga apa si naik ambulans yang penting bisa vaksin disini,” akunya.


Sementara itu, koordinator kegiatan vaksin di KM 18, Pelda Eko Prasetyo mengakui terdapat sejumlah perangkat RT/RW yang membawa warganya untuk vaksin. Eko mengapresiasi inisiatif perangkat RT/RW tersebut. “Kegiatan ini sudah dimulai sejak 1 September hingga 30 September. Sejauh ini sekitar sepuluh hari pelaksanaan, kami melihat dari hari ke hari, antusias warga terlihat sangat tinggi. Hari ini beberapa perangkat RT/RW memfasilitasi warganya datang ke KM 18,” katanya.


Saat di lokasi, antrean kendaraan tampak padat merayap. Eko berharap penambahan petugas untuk membantu pengaturan lalu lintas dan lain-lain. “Untuk tim saat ini, kita butuh adanya penambahan petugas keamanan, pengatur lalin. Mengingat antusias warga sangat tinggi,” ucapnya.


Kegiatan vaksinasi drive thru ini bertajuk Serbuan Vaksin TNI. Kegiatan ini merupakan kerjasama Mabes TNI dan Jasa Marga. Rencananya kegiatan ini akan digelar hingga 30 September 2021 mendatang. R Ratna Purnama