DepokNews – Medina Warda Aulia, mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) angkatan 2020, meraih prestasi membanggakan dengan menyabet dua emas sekaligus dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Medina mendapatkan emas dalam cabang olahraga catur cepat dan catur standar beregu putri. Pengumuman tersebut dilakukan pada Rabu (13/10) di Ballroom Swiss-Bellhotel, Kabupaten Merauke, Papua.

Catur standar adalah permainan catur dengan jatah waktu berpikir 90 menit sejak langkah pertama, sedangkan catur cepat adalah nomor pertandingan catur yang memberikan waktu amat singkat kepada setiap pecatur yang bertanding.

Dalam catur cepat, waktu pikir yang diberikan kepada tiap-tiap pecatur tidak lebih dari 10 menit. Medina berhasil mendapatkan total poin 8,5 dari sembilan babak dalam kategori catur cepat dan 8,5 poin dari sembilan babak pada catur standar beregu putri.

Mengenai kemenangannya ini, Medina mengatakan bahwa kepercayaan diri adalah kunci kemenangannya. Kepercayaan diri ini dibangun dari pengalaman yang tidak sedikit, sehingga dia bisa tenang dalam menghadapi pertandingan.

Pengalaman dan prestasi Grand Master Wanita termuda di Indonesia ini memang tidak main-main. Berhasil meraih gelar Grand Master pada usia 16 tahun, Medina pernah mendapatkan menjadi juara pada tiga kali penyelenggaraan World School Chess Championship pada tahun 2008-2009-2014, juara 3 Grand Europe Open di Bulgaria pada 2014, medali emas pada Sea Games 2019, dan memecahkan rekor dunia pada gelaran simultan catur online non-stop melawan 650 pelajar di Indonesia.

Penyelenggaraan pertandingan catur pada PON XX telah menerapkan standar pelaksanaan olimpiade dengan penerapan protokol kesehatan ketat, seperti kewajiban tes antigen bagi seluruh atlet, penyemprotan disinfektan, tersedianya fasilitas cuci tangan, dan kewajiban untuk mengganti masker setiap lima jam sekali bagi para atlet.