DepokNews–Berbagai cara dilakukan kelompok masyarakat untuk menguatkan Silaturrahim sekaligus juga menyambut bulan suci Ramadhan ditahun 2022 setelah episode Pandemi yang cukup menguras energi dan emosi publik dalam 2 tahun terakhir ini. Adalah pegiat Komunitas Gowes Ceria – PKS Depok hadir serta berbaur dengan kelompok masyarakat dilingkungan Komplek Timah RW 012 Kelurahan Tugu Cimanggis Depok untuk bahu membahu melakukan aktivitas Kerja Bhakti di Taman Komplek yang bersebelahan dengan ex-Lapangan Olah Raga Komplek Timah. Kegiatan yang juga dihadiri pengurus RW tetangga yakni RW 010 Kelurahan Tugu ini menjadi sarana untuk bertukar fikiran dalam rangka mencari solusi dalam pengelolaan Keamanan, Kebersihan dangagasan program yang mengarah pada penciptaan suasana penuh Keramahan serta Kenyamanan warga Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Kota Depok secara umum.

Kegiatan Kerja Bhakti yang berlangsung dari pagi hingga siang hari di Minggu 20 Maret 2022 merupakan aktivitas inisiatif dari Pengurus RW 012 yang dikomandoi Mizanul Hakim juga secara paralel melaksanakan kegiatan Pelatihan Operator Ambulance bekerjasama dengan Yayasan Islamic Center Al Huda Komplek Timah dengan 30-an peserta perwakilan RT dilingkungan Komplek Timah Kelapa Dua dengan Instruktur Noviar dan Heridianto dari Kepanduan sekaligus Tim Medis PKS Depok. Sebagaimana dialami langsung oleh Mizanul Hakim selaku Ketua RW 012 bahwa Pelatihan ini didasari kepentingan tanggap darurat lingkungan RT/RW dimasa pandemi yang memberikan pengalaman berharga tentang pentingnya keterampilan penanganan pasien/jenazah saat keterbatasan yang dialami para Nakes. Dengan pemberdayaan simpul masyarakat berbasis RT ini diyakini panitia hal ini akan mampu menjadi bagian dari Ketahanan Masyarakat dan Sistem Cepat Tanggap Keadaan Lingkungan.

Pihak Islamic Center Al Huda yakni Heridianto dalam pesannya secara khusus menyampaikan apresiasi setingginya atas antusiasme warga dan perwakilan RT dilingkungan RW 012 yang secara gesit dan penuh semangat mengikuti pelatihan berbasis praktik yang dilaksanakan di Aula Masjid Al Huda dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan dengan keterlibatan peserta yang berasal dari berbagai latar belakang tapi punya semangat yang sama yakni untuk bahu-membahu dengan tangguh disaat yang tidak mudah seperti saat ini.

Semoga kegiatan-kegitan posistif dilngkungan RW 012 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Kota Depok ini bisa menjadi model pengembangan Ketahanan dan Pengelolaan Lingkungan berbasis pemberdayaan komunitas maupun pemangku kepentingan lainnya guna memberikan manfaat sebesarnya bagi Warga Masyarakat.