DepokNews–Bertempat di Gedung Balatkop Kota Depok, Jl. Bahagia Raya, Sabut 26 Maret 2022 Koperasi Syariah Sukmadana Unit Serikat Pengemudi Daring (SPEED) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) periode tahun buku 2021. Rapat Anggota ini merupakan agenda tahunan yang secara konsisten dilaksanakan oleh seluruh Koperasi termasuk diantaranya Kopsyah Sukmadana.
RAT ini dihadiri pengurus koperasi Syariah Sukmadana dan anggota yang tergabung dalam komunitas SPEED.

Dalam aktifitasnya, kopsyah Sukmadana melakukan kegiatan dengan berdasar prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat atas asas kekeluargaan. Prinsip-prinsip dari anggota untuk anggota sangat dipegang teguh oleh Pengurus dan Anggota Koperasi Syariah Sukmadana.

Selain sebagai komponen penguat ketahanan ekonomi rakyat, kopsyah Sukmadana juga melakukan berbagai aktifitas penguatan pendidikan anggota berupa pendidikan motivasi, penguatan spiritual, dan lain-lain.

Dalam RAT tahun 2022 ini, acara diawali dengan training motivasi oleh Ali Muhli, SE.MM yang juga merupakan anggota Dewan Pengawas Koperasi Syariah Sukmadana. Ali menyampaikan pentingnya setiap anggota mempunyai mimpi untuk menjadi lebih baik dan lebih sukses kedepan nya, kemudian memvisualisasikan mimpi tersebut minimal menulis mimpi yang dimiliki setiap anggota. Dengan menuliskan mimpi tersebut, akan lebih memotivasi kita dan menjaga konsistensi semangat untuk mencapai mimpi tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggung jawaban kepada seluruh anggota terkait laporan keuangan dan program-program yang telah dijalankan selama tahun 2021. Diantara pencapaian selama tahun 2021 adalah kenaikan jumlah anggota lebih dari 100%, pencatatan pertumbuhan pendapatan, serta adanya beberapa program-program untuk anggota antara lain : tabungan anggota, pendanaan smartphone, pengadaan sembako, pelatihan Pendidikan, dll. Selain itu pada kesempatan RAT ini, pengurus juga menyampaikan rencana kerja dan target pencapaian tahun 2022.

Seluruh anggota yang hadir pada RAT ini terlihat antusias mengikuti jalannya RAT dan dalam sesi dialog, para peserta juga menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang menunjukan semangat untuk menjadikan koperasi sebagai wadah untuk memperkuat dan meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga terutama komunitas pengemudi daring di Kota Depok. Sesi tanya jawab dan diskusi pada forum RAT ini sekaligus menutup kegiatan RAT Kopsyah Sukmadana.

Pada RAT ini juga dilakukan pengukuhan pengurus periode tahun 2022-2023
Dewan Pengawas :

  1. TA. Mufti
  2. Ali Muhli
  3. Tengku Arifadillah
    Dewan Pengawas Syariah :
    Fauzan Sugiono, Lc.
    Ketua : Abdul Manaf
    Sekretaris : Dwi Adhi
    Bendahara : Anto
    Manager : Didin Widia Saputra

Dalam sambutannya, Anto mewakili Ketua yang berselaku pengurus menyampaikan agar anggota koperasi senantiasa tetap bisa aktif dan menjadikan koperasi ini sebagai wadah milik anggota Bersama, sehingga perlu di kembangkan jauh lebih besar kedepan nya dengan kontribusi aktif seluruh anggota dan pengurus.

Tengku Arifadillah meyampaikan bahwa RAT tahun ini lebih bergairah dibanding RAT sebelumnya, dimana sudah terlihat banyak perubahan dari ide-ide dan tujuan dari berkoperasi. Arif menekankan Kembali semangat dari kita, oleh kita dan untuk kita dan melihat bahwa kredibilitas pengurus saat ini sudah cukup meyakinkan namun perlu dukungan dan kepercayaan dari seluruh anggota. Disamping itu koperasi saat ini sudah bisa menghasilkan profit walaupun belum besar. Arif Berharap kepada pengurus untuk bisa mengumpulkan dana jauh lebih besar melalui upaya-upaya, antara lain melalui tabungan, target tahun ini bisa memberikan pengadaan kredit motor minimal 2 unit. Selain itu, Arif juga mentargetkan peningkatan jumlah anggota 3x lipat. Dan dampak positif komunitas dapat ikut kepesertaan BPJS perisai (bukan penerima upah). Arif menutup sambutan nya, dengan sebuah quote : Apapun yang dilakukan hari ini, insyaAllah akan bermanfaat kedepannya.

Previous articleTingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, H. Mahfudz Abdurrahman Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan
Next articleKepala Dinas LHK Kota Depok Meresmikan Unit Bank Sampah Alamanda Rw 13 Mekarjaya