DepokNews–Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Auladi Mandiri menjalankan kewajiban berupa penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Aula Kecamatan Tapos, Kamis 10 Maret 2022.

RAT dimaksudkan untuk melaporkan apa yang sudah dilakukan koperasi selama tahun 2021 dan apa yang akan dilakukan pada tahun 2022.

“Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi Rencana akan membuka tiga kantor cabang sekaligus di Bogor, yakni Cijeruk, Cisarua, dan Jonggol,” ungkap Ketua KSPPS Bina Auladi Mandiri, Muhammad Yusuf.

Lebih lanjut diungkapkannya, alasan membuka tiga kantor cabang di daerah tersebut, yakni setelah melihat market area, ketiga wilayah ini berpotensi sangat baik untuk kemajuan koperasi.

“Dari ketiga tempat tersebut, diharapkan bisa merekrut minimal 2.000 anggota pada akhir tahun,” katanya.

Dalam RAT ini, katanya lagi, KSPPS Bina Auladi Mandiri melaunching program program kerja terbaru 2022, yaitu Siber atau Simpanan Berencana.

“Simpanan lain sudah ada. Bedanya dengan Siber adalah adanya sistem bagi hasil. Supaya lebih semangat, kepada anggota kita berikan bagi hasil. Apa yang kita dapatkan, kita sisihkan dan bagikan kepada anggota,” paparnya.

“Besaran bagi hasil dalam program Siber adalah setara 8% pertahun. Kalau kita mau bandingkan dengan LKM (Lembaga Keuangan Masyarakat) lain di Indonesia, tidak ada yang bisa memberikan sejumlah itu,” tuturnya.

Target dari program ini adalah memupuk ekuitas atau permodalan. Otomatis setiap anggota yang terdaftar membutuhkan pembiayaan. Hingga saat ini, angka pembiayaan sudah mencapai Rp25 juta.

KSPPS Bina Auladi Mandiri, katanya lagi, yang berkantor pusat Jl. Raya Tapos No. 20 RT02/03 Kelurahan, Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok telah memiliki 3.030 anggota.

“Anggota berasal dari masyarakat di sekitar Tapos dan kantor cabang di Sawangan, dan Sentul,” katanya.

“Alhamdulillah kita rutin melaksanakan RAT. Tahun-tahun sebelumnya kita masuk kategori sehat. Untuk tahun ini, masuk kategori cukup sehat akibat pandemi dan adanya perubahan regulasi,” imbuhnya.

Hadir dalam RAT tersebut perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM, Perwakilan DKUM Kota Depok Sugiyah, Kepala Dekopinda Kota Depok Teguh Prajitno, Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Tapos Tri Sutanto, Lurah Cimpaeun Rohman Tohir.

Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Tapos Tri Sutanto memberikan apresiasinya atas gelaran RAT ke-6 KSPPS Bina Auladi Mandiri.

“Mudah-mudahan KSPPS Bina Auladi Mandiri bisa terus meningkatkan manfaat atas keberadaannya untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Lurah Cimpaeun, Rohman Tohir mengaku bersyukur karena di wilayahnya tumbuh koperasi yang sehat, sehingga diharapkan bisa ikut mengangkat ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah koperasi di Cimpaeun berkembang cukup baik dan masyarakat antusias, bahkan staf kelurahan juga ada yang menjadi anggota. Koperasi membantu masyarakat mencegah munculnya bank keliling atau renternir,” pungkasnya.