Kulit Sehat Bikin Wajah Tampak Muda, Gak Percaya? Coba Aja

DepokNews — Kulit bisa menjadi cara untuk menerka usia. Kulit yang sehat tentu dapat membantu Anda terlihat lebih muda, dan sebaliknya, kondisi kulit juga bisa membuat seseorang terlihat beberapa tahun lebih tua.

Dr. Hooman Khorasani, kepala bedah dermatologis dan kosmetik, memaparkan tentang masalah kulit inti yang menyertai setiap dekade kehidupan pria, termasuk bagaimana cara mengatasi masalah yang dihadapi kulit sesuai usia, dari pori-pori tersumbat hingga kejutan spot hitam di tengah perjalanan hidup Anda.

Anda mungkin sempat memiliki sekumpulan jerawat saat remaja. Tetapi itu mungkin saja berlanjut ke dekade pertama Anda sebagai orang dewasa. Semua karena jumlah hormon testosteron yang masih tinggi.

“Di usia 20-an, masalah terbesar, yang merupakan berkah sekaligus masalah, adalah testosteron. Testosteron bekerja pada kelenjar sebasea yang memproduksi minyak di bawah kulit,” kata Dr. Khorasani.

Bagaimanapun, Anda tetap membutuhkan minyak wajah ini. Mereka melindungi kulit dari polutan dan membuatnya tetap lembab. Tapi bila pori-pori Anda tersumbat, saat itulah bakteri berkembang dan jerawat pun muncul.

Berkeringat adalah pembersih alami wajah yang hebat. Berolahraga secara teratur bisa menjadi langkah untuk menyehatkan tubuh sekaligus kulit. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan sikat wajah halus sekitar dua kali seminggu untuk membersihkan kulit mati secara menyeluruh.

“Untuk perawatan harian, bila Anda terpapar polusi ketika berkomuta, pilihlah scrub wajah untuk membersihkan muka di malam hari. Gunakan juga pelembab yang berbahan dasar air.” tutupnya menyarankan.