DepokNews – Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A., M.A. meninjau lokasi warga Penerima Bantuan Rehabsos RTLH di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, pada Jum’at (12/11). Di masa Kundapil ini, Nur Azizah meninjau langsung warga penerima bantuan guna melaksanakan fungsi pengawasan anggota dewan terhadap program yang digulirkan oleh Kemensos selaku Mitra Komisi VIII DPR RI.

Program Bantuan Rehabsos RTLH sendiri merupakan program yang digulirkan Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos RI melalui rekomendasi khusus dari Nur Azizah kepada 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bekasi dan Kota Depok. Besaran yang diterima oleh setiap KPM adalah 20 juta rupiah yang dicairkan secara bertahap kepada 80 KPM di Kota Depok dan 20 di Kota Bekasi.

Pada kesempatan ini, Nur Azizah meninjau kediaman Agus Sumari, salah satu KPM yang berprofesi sebagai buruh harian lepas di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok. Agus menempati rumah yang dikategorikan tidak layak huni dengan luas 70 meter persegi yang saat ini di huni oleh 3 Kepala Keluarga dengan jumlah 17 orang.

“Tentu ini sangat memprihatinkan, pak agus dan keluarga sangat layak menerima bantuan ini. Karena jika di rata-rata, 1 orang itu menempati lokasi hanya seluas 4 meter. Ini jelas masuk kategori sangat miskin dan sangat layak dibantu. Ini sungguh memprihatinkan”, jelas Nur Azizah.

Agus Sumari saat ini di karuniai 5 orang anak yang tinggal bersama-sama. Anak sulungnya sudah berkeluarga juga tinggal bersama dan satu keluarga lainnya merupakan adik Agus.

Sementara itu, fakta lain ditemui Nur Azizah bahwa sejak puluhan tahun Agus Sumari menempati rumah yang tidak layak huni dan tidak pernah sekali pun menerima bantuan rehab rumah dari pemerintah. Hal itu disebabkan masalah status rumah yang saat ini ia tempati.

“Rumah ini berstatus girik dari orangtua pak Agus Sumari, dulu berkali-kali mau dapat bantuan tidak bisa karena surat giriknya tidak jelas di mana. Sekarang Alhamdulillah sudah ketemu. Dan ini menjadi bantuan rehab rumah pertama yang diterima keluarga pak Agus. Selain itu, rumah ini didirikan di atas pagar dinding orang lain, tidak memiliki dinding sendiri. Untuk itu harus dipastikan dari dana yang ada dapat dibangunkan tembok yang terpisah untuk rumah pak Agus ini”, terang Nur Azizah.

Pada kesempatan ini turut hadir Lurah Tugu, Bambang Eko Sukmono serta perwakilan DPC PKS yang turut mengawasi proses pencairan dana dan rehasos RTLH ini. Bambang mengucapkan terimakasih kepada Nur Azizah selaku anggota DPR RI yang telah memperhatikan warganya di Kelurahan Tugu yang membutuhkan bantuan rehabsos RTLH ini.

“Kami sangat bersyukur dengan kehadiran Ibu. Dan juga Ibu dan Bapak Sumari juga harus sangat mensyukuri bantuan dari pemerintah melalui Ibu Nur ini, harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Harapan kami agar terus dibangun komunikasi dengan keluarga, dengan tetangga juga dengan ibu Nur Azizah yang telah banyak membantu. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih”, ungkap Bambang.

Sementara itu Arismanto, selaku perwakilan DPC PKS menyampaikan bahwa PKS berkomitmen untuk terus mengawal program Rehabsos RTLH ini. “Untuk warga Depok, agar bantuan ini tersampaikan dengan utuh. Akan kami awasi juga untuk proses pencairan sampai nanti pelaporan di akhir. Ini merupakan bagian dari komitmen PKS Cimanggis”, pungkas Arismanto.