DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai memberikan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis. Pemberian imunisasi tersebut melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos vaksin lainnya yang sudah ditunjuk pemerintah.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, imunisasi diberikan untuk anak usia 2, 3, dan 12 bulan. Imunisasi di berikan tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

“Depok sebagai salah satu kota di Jawa Barat berkewajiban untuk mulai pelaksanaan imunisasi PCV yang dimulai pada 12 September 2022,” tuturnya, Jumat (16/09/22). 

Mary menyebutkan, terkait pelaksanaan imunisasi PCV untuk tahap awal sosialisasi diberikan kepada tenaga kesehatan pada Kamis (08/09) lalu. Sosialisasi diberikan sebagai penguatan kapasitas petugas yang akan langsung melakukan edukasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Diperlukan sosialisasi kepada semua pihak terkait introduksi PCV ke dalam program imunisasi rutin, tahap awal kami berikan kepada tenaga kesehatan,” tambahnya. 

Terakhir, Mary berharap dengan pemberian imunisasi PCV secara gratis dapat mencegah penyakit Pneumonia. Yang merupakan penyakit infeksi yang sangat endemis dan menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada bayi dan balita di Indonesia.

“Sehingga diperlukan upaya untuk memutus rantai penularan Pneumonia melalui pemberian imunisasi,” tandasnya.

Sumber: depok.go.id

Previous articleCegah Penyakit Pneumonia, Pemkot Depok Berikan Vaksin PCV Gratis Kepada 3.600 Anak
Next articlePemkot Depok Gelar Rakor, Wakil Wali Kota Sampaikan Sejumlah Langkah Antisipasi Inflasi