DepokNews — Pengumuman pemenang lomba cipta puitisasi al-Qur’an dan musikalisasi puisi antar mahasiswa se-Indonesia pada hari Senin (15/11/21) diumumkan. Kegiatan lomba ini sudah berjalan sejak 15 Oktober 2021 di Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI), bekerja sama dengan Asrama UI dan Masjid kampus UI serta Direktorat Kemahasiswaan UI.

Juara pertama Lomba Cipta Puitisasi al-Qur’an berhasil diraih oleh mahasiswa UI, Yogi Sani. Untuk Lomba Musikalisasi Puisi Religi, juara pertama direbut oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Selain merebut juara pertama, beberapa mahasiswa UI juga meraih juara dua dan tiga, serta juara harapan.

Dalam kata sambutan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Abdul Haris, menyatakan lomba yang diselenggarakan dalam rangka perayaan maulid ini merupakan upaya mewujudkan misi UI untuk menciptakan lulusan berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti, dan memiliki nurani yang mampu bersaing secara global.

“Wujud mencintai Nabi adalah meneladani dan melanjutkan perjuangan beliau yang berjuang dengan mengamalkan akhlakul karimah, inklusif, dan menghargai perbedaan,” kata Prof. Haris.

Senada dengan Wakil Rektor, Direktur Kemahasiswa UI, Dr. Badrul Munir menyampaikan, karakter dan kepribadian bangsa yang tercermin dalam akhlakul karimah (akhlak mulia) merupakan salah satu misi kenabian. “Akhlak merupakan faktor penting yang harus diteladani dalam menghadapi era kompetisi yang makin ketat,” ujar Munir.