Menu

Dark Mode
Syauqy Faza Mukti Al Haritsy Juarai Olimpiade Bahasa Arab Imam Budi Hartono Kampanye di Posko Kemenangan D’Bar, Relawan Targetkan 80 Persen Suara di Duren Mekar dan Duren Seribu Imam Budi Hartono – Ririn Farabi Pastikan Lanjutkan Program Berobat Gratis Pakai KTP Berobat Gratis Pakai KTP di Depok, Bukan Sekedar Janji Manis: Produk Pemerintahan Idris-Imam yang Dirasa Masyarakat Ade Supriyatna Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kota Depok Luar Biasa, Bang Imam Juara lomba Penulisan Essay dengan Tema Pembayaran Transportasi Berbasis KTP

Opini

Maqashid Pelarangan Riba Buyu’

badge-check

Oleh : Pina Fauziah


Riba buyu’ ialah riba yang timbul akibat pertukaran barang sejenis yang berbeda kualitas atau beda waktu penyerahannya (tidak tunai). Riba buyu’ disebut juga dengan riba fadhl yang riba yang timbul pertukaran barang sejenis yang tidak memenuhi kriteria sama kualitas, sama kuantitasnya dan sama waktu penyerahanya.
Riba buyu’ ini berbeda dengan status hukum yang dimilikinya dimana para ulama berbeda pendapat tentang stus hukum riba buyu’. Perbedaan pendapat para ulama muncul dari perbedaan mereka tentang ‘illat barang-barang ribawi.
Rasulullah Saw. Menjalaskan tetang barang ribawi dalam beberapa hadistnya yang artinya “ ubadah bin ash shomit ra. Meriwayarkan bahwa Rasulullah Saw. Bersabda: (pertukaran) antara emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum,syair dengan syair, kurma dengan kurma, garam dengan garam itu harus sama dan dibayar kontan. Jika berbeda (penukaran) barang di atas, maka juallah barang tersebut sekehendak kamu sekalian dengan syarat dibayar kontan”. (HR. Ahmad)
Hadist diatas menjelaskan tentang dua kelompok barang ribawai yaitu mata uang dengan makanan.
Penjelasan ulama kontemporer, bila disimpulkan bahwa pendpat yang kuat yaitu :

  1. ‘illat jenis mata uang adalah tsamaniyah (keberadaan sebagai barang berharga) mengapa? Karena emas dan perak yang dicontohkan dalam hadits diatas adalah mata uang yang berlaku ketika itu (yang berupa emas dan perak). Maka mata uang rupiah, emas yang dijual ditoko-toko merupakan barang ribawyat.
  2. ‘illat jenis makanan adalah tho’m maksudnya ialah setiap jenis makanan walaupun bukan makanan pokok dan tidak menguatkan. Maka roti, beras termasuk barang barang ribawiyat.
    Keharaman riba buyu’ memiliki maqashid yaitu :
    • Menghindari gharar dalam transaksi jual beli.
    • Agar uang tidak dijadikan komoditas yang diperjual belikan.
    Maqashid tersebut sejalan dengan pandangan ekonomi karena riba dapat dipandang sebagai transaksi yang bersifat eksploitatif karena mengambil untung besar secara tidak mengandung information asymmetry atau kondisi lain yang berakibat pada posisi tawar menawar yang tidak seimbang, sehingga salah satu pihak (pembeli atau penjual) berada dalam keadaan terpaksa atau tak berdaya sehingga akan menerima apa pun yang ditetapkan oleh pihak lain dalam transaksi.
Facebook Comments Box

Read More

Hukum Membeli Barang Secara Kredit dalam Perspektif Syariah

3 July 2024 - 15:04 WIB

Sosok Pemimpin Harapan Rakyat dan Pembawa Perubahan

2 December 2023 - 06:56 WIB

Jangan Lagi Ada Kematian Demi Konten

6 August 2023 - 05:57 WIB

Hari Anak Nasional: Menerangi Dunia dengan Antusias, Semangat, dan Bahagia

27 July 2023 - 11:09 WIB

Pentingnya Dialog

16 July 2023 - 14:24 WIB

Trending on Opini