Mau Lolos PTN Favorit Kamu, Ini Lima Tips Buat Kamu Ikuti!

DepokNews – Perguruan tinggi negeri (PTN) masih menjadi tujuan utama bagi para lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi. Baik itu SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri PTN selalu diminati oleh para calon mahasiswa, sehingga memiliki tingkat keketatan yang tinggi.

Lalu, bagaimana sih tipsnya agar bisa lolos ke PTN di antara ratusan ribuan pendaftar lainnya? Dikutip dari ruang guru, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) punya tipsnya nih. Mau tahu? Yuk, disimak dan dicatat ya.

  1. Pilih Jalur Seleksi yang Tepat

Ada tiga jalur seleksi masuk PTN yang bisa kamu pilih, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Nah, setiap jalur seleksi memiliki karakteristik dan persyaratannya masing-masing, sehingga diperlukan persiapan yang berbeda pula.

SNMPTN bertujuan untuk menjaring siswa yang menunjukkan prestasi tinggi di bidang akademik dan non-akademik. Untuk itu, kamu harus memastikan nilai rapor kamu masuk ke dalam 40% tertinggi untuk sekolah akreditasi A, 25% untuk sekolah akreditasi B, dan 5% untuk sekolah akreditas C. Prestasi non-akademik juga penting, seperti menjuarai kompetisi Saintek dan Seni-Budaya akan menunjang daya saing di SNMPTN.

SBMPTN bertujuan untuk menjaring siswa dengan kompetensi akademik dan skolastik tinggi. Kesuksesan pada SBMPTN tergantung pada penguasaan kamu pada materi pelajaran pokok sesuai jurusan (IPA/IPS) dan potensi skolastik.

Terakhir, Seleksi Mandiri bertujuan untuk menjaring siswa dengan profil kompetensi akademik yang sesuai dengan profil masing-masing PTN.

  1. Kenali Minat dan Kompetensi Diri

Menurut Ketua MRPTNI, banyak calon siswa yang gagal untuk masuk PTN bukan karena kurang pintar, melainkan karena strategi yang kurang tepat dalam memilih program studi. Nah untuk itu, kamu harus tahu minat pribadi sebelum mendaftar ke PTN. Kamu harus jeli dalam mengenali kemampuan diri, dan membandingkannya dengan program studi dan PTN yang dipilih. Kemudian, asah kemampuan tersebut sambil mencermati tingkat keketatan prodi.

  1. Perbanyak Latihan

Kesiapan mental sangat penting dalam menghadapi ujian tulis pada SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Banyak siswa yang gagal diterima di PTN karena gugup atau grogi saat mengerjakan soal tes. Nah, biasakan dirimu dari sekarang dengan berbagai bentuk soal dengan cara memperbanyak latihan atau mengikuti tryout. Psst, ada ribuan latihan soal UTBK di ruangbelajar dan tryout gratis di ruanguji, lho.

Dengan memperbanyak latihan, kamu pun akan semakin percaya diri. Jangan terjebak ke dalam iming-iming dari orang yang menjanjikan lolos secara instan. Perlu diingat, seleksi PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah kecurangan.

  1. Pahami Prosedur Seleksi PTN

Seleksi PTN melibatkan berbagai tahapan. Terkadang ada peserta yang gagal mengikuti seleksi karena adanya kekeliruan administrasi. So, pastikan kamu telah memahami prosedur seleksi secara tepat, dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian. Hanya percaya informasi resmi dari LTMPT dan konsultasikan kesulitanmu terkait pendaftaran seleksi PTN dengan pihak sekolah.

  1. Usaha Maksimal dengan Doa dan Tawakal

Usaha yang maksimal apabila tidak dibarengi dengan doa dan tawakal, maka akan menjadi sia-sia. Untuk bisa masuk ke PTN, maka kamu harus berusaha dengan maksimal disertai dengan doa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Dengan begitu, kamu pun akan bersyukur dan jauh dari kesombongan saat diterima dan dihindari dari keputus-asaan jika tidak diterima.