Minta Ampunlah Kepada Allah di Bulan Ramadhan ini

Wakil Wali Kota Depok Ir. H. Imam Budi Hartono, M.Si

Oleh : Wakil Wali Kota Depok Ir. H. Imam Budi Hartono, M.Si

Wallaziina izaa fa’aluu faahishatan aw zalamuuu anfusahum zakarul laaha fastaghfaruu lizunuubihim; wa mai yaghfiruz zunuuba illal laahu wa lam yusirruu ‘alaa maa fa’aluu wa hum ya’lamuun

“dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzhalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui”.

Kaum muslimin khususnya warga Depok yg berbahagia, tentunya suatu keberuntungan bagi kita yang masuk bertemu dengan bulan suci ramadhan. Ramadhan adalah bulan yg Allah berikan kepada kita dengan berbagai keutamaan, diantaranya adalah bulan ampunan bagi kita semua.

Sebuah hadits mengatakan:

Man shoma romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih

Barang siapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari no. 2014).

Manusia sering berbuat kesalahan kepada Allah, kadang tidak mengerjakan kewajiban yang telah Allah tetapkan atau melanggar aturan yang Allah buat, dari mulai kaki sampai kepala. Coba kita evaluasi atau muhasabah diri kita kebelakang. Langkah kaki kita yang salah karena tidak melangkah ke masjid ketika adzan justru ketempat lain sehingga lupa melakukan sholat wajib. Mulut kita mungkin bicara yang tidak baik, mata dan telinga kita melihat yang tidak benar, tangan yang mungkin mengambil yang bukan hak kita, perut kita memakan sesuatu yang bukan hak kita. Masih banyak lagi dari anggota tubuh kita yang tidak sesuai Allah kehendaki.

Surat Al Imron diatas kita diajarkan Allah untuk meminta ampunan kepada Nya dan tidak mengulangi kembali dosa-dosa yang telah kita perbuat. Momentum bulan suci Ramdhan ini adalah saat yang tepat kita kembali kepada Allah, bersujud, beristighfar meminta ampun. Insya Allah kita termasuk orang yang beruntung jika dibulan Ramadhan ini mendapatkan ampunan dari Allah.

Terbayang jika kita punya kesalahan kepada atasan kita terus kita meminta maaf dan maafkan diterima perasaan kita pasti akan bahagaia. Apalagi jika atasan kita setelah memaafkan kita dikasih hadiah, wah sesuatu yang luar biasa. Begitu juga Allah SWT balasan bagi hambaNya yang memohon ampun kepada Nya dalam ayat selanjut dikatakan “… Dan di akhirat kelak mereka akan mendapatkan surga-surga yang ada sungai-sungai mengalir dari bawah istana-istananya. Mereka tinggal di sana untuk selama-lamanya” (Ali Imron 136). Masya Allah beruntungnya kita sebagai manusia. Kaum muslimin warga Depok mari kita raih ampunan Allah, semoga kita akan menjadi pribadi muslim yang bersih selama ramadhan dan semua ibadah kita diterima dan masukkan kita dan keluarga kita ke dalam Syurga Nya. Amin