Motong Kebo Andilan, Bukti Nyata Budaya Gotong Royong Warga Betawi Depok

DepokNews – Tradisi memotong hewan kebo dari hasil patungan atau andilan menjadi agenda hari kedua Lebaran Depok 2023, yang digelar sejak tanggal 17-20 Mei di Perumahan Garden at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari.

Dalam tradisi pemotongan kebo andil tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri turut menyaksikan prosesi tersebut.

Supian Suri menceritakan, tradisi andilan merupakan bentuk perekat kebersamaan. Sekaligus upaya meringankan warga Betawi Depok yang memerlukan kebutuhan daging menyambut lebaran dengan cara urunan.

“Andilan ini bernilai gotong royong, kebersamaan, dan cita-cita kita sebagai warga Depok,” ujar Supian Suri di sela-sela kegiatan pemotongan kebo andil, Kamis (18/05/23).

“Jika dahulu ingin makan daging, tidak bisa sendiri, tapi harus bersama-sama, patungan bersama-sama saling mengambil peran,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD), Ahmad Dahlan menambahkan, andilan atau ikut patungan beli kebo adalah kegiatan yang memiliki nilai sejarah dan edukasi yang bagus untuk generasi penerus orang-orang Depok.  

“Betul apa yang dikatakan Bapak Sekda Supian Suri, kami KOOD ingin nilai kebersamaan yang coba direpresentasikan dalam prosesi andil kebo pada lebaran Depok. Bahwa jika punya tujuan dan cita-cita untuk membangun Kota Depok, maka semua pihak harus bisa mengambil peran,” jelasnya.

“Kontribusi sekecil apapun untuk membangun Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id